4 Alasan Gaji Jadi Syarat Penting saat Daftar Pinjol, Bisa Ditolak Jika Nominalnya Tidak Sesuai

4 Alasan Gaji Jadi Syarat Penting saat Daftar Pinjol, Bisa Ditolak Jika Nominalnya Tidak Sesuai

4 alasan mengapa gaji jadi syarat penting saat daftar pinjol-freepik-

RADAR TEGAL – Ketahui 4 alasan mengapa gaji jadi syarat penting saat daftar pinjol atau pinjaman online. Bahkan, jika ada nominal pendapatan yang dimiliki tidak sesuai syarat, kemungkinan pengajuannya akan ditolak penyedia layanan.

Gaji memang jadi salah satu syarat penting saat daftar pinjol terutama pada layanan yang terverifikasi OJK. Tiap calon nasabah pasti akan diminta menyertakan nominal pendapatan tetap yang dihasilkan pada data pekerjaannya.

Alasan gaji jadi syarat penting saat daftar pinjol juga jadi penentu kelayakan pinjaman. Apalagi ketika ada calon nasabah yang mengajukan pinjaman uang dalam jumlah yang cukup besar.

Berikut ini 4 alasan mengapa gaji jadi syarat penting saat daftar pinjol. Simak pembahasannya sampai akhir.

4 alasan gaji jadi syarat penting saat daftar pinjol

Ada sejumlah data atau informasi pribadi yang wajib dimasukan oleh calon nasabah ketika mengajukan pinjaman. Mulai dari data KTP, alamat, nomor telepon, sampai data pekerjaan orang tersebut.

BACA JUGA : 6 Alasan Kenapa Harus Rutin Cek SLIK OJK Meski Tidak Ajukan Pinjol

Data-data tersebut nantinya akan diverifikasi dan diidentifikasi kelayakannya untuk diberikan pinjaman. Selain pemeriksaan skor kredit, data pekerjaan terutama slip gaji jadi penentu persetujuan pinjaman online.

Sebagian besar layanan pinjol legal pasti akan meminta calon nasabahnya memasukan data pekerjaan termasuk gaji yang diperoleh. Hal ini bukan tanpa alasan, karena nominal gaji yang dimiliki calon nasabah bisa berdampak pada pinjaman.

1. Kemampuan bayar

Tiap penyedia layanan pinjaman online akan menerapkan nominal gaji tertentu saat daftar. Ada yang menerapkan minimal 2 jutaan atau 3 jutaan.

Bukan tanpa alasan, nominal gaji yang dimiliki calon nasabah bisa menjadi tolak ukur dalam membayar cicilan bulanannya nanti. Penyedia layanan akan memperkirakan rasio hutang terhadap pendapatan calon nasabahnya.

BACA JUGA : 5 Pelanggaran DC Lapangan Pinjol saat Menagih Pinjaman yang Tidak Disadari Nasabah

Mereka akan menilai apakah nominal gaji tersebut dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan untuk membayar pinjaman. Jika pendapatan bulanan calon nasabah tersebut kurang atau tidak memadai, maka pengajuan bisa saja ditolak oleh penyedia layanan.

Sumber: