HPN Tahun 2024, Pj Bupati Tegal Minta Jaga Kualitas Berita di Tengah Kemajuan AI

HPN Tahun 2024, Pj Bupati Tegal Minta Jaga Kualitas Berita di Tengah Kemajuan AI

PERESMIAN - Di tengah peringatan HPN tahun 2024, Pj Bupati Tegal Agustyarsyah meresmikan kantor sekretariat PWI Kabupaten Tegal dengan menggunting pita, Rabu 21 Februari 2024. -YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2024, Pj Bupati Tegal Agustyarsyah mengucapkan selamat HPN dan ulang tahun ke-78 untuk PWI.

Pj bupati berharap, HPN tahun 2024 ini menjadi momentum pengingat dan penyemangat kerja para jurnalis dalam memproduksi berita. Menjaga kualitas berita di tengah kemajuan teknologi informasi penggunaan Artificial Intelligence (AI).

Di tengah peringatan HPN tahun 2024, menurutnya untuk mewujudkan jurnalis yang berkualitas, bukan hal yang mudah. Sebab, perlu kajian, konfirmasi hingga menjadikan pemberitaan yang layak dipublikasikan. Prosesnya memang cukup panjang.

"Upaya ini harus tetap dilakukan, tinggal bagaimana perusahaan tempat rekan-rekan pers ini bekerja mau mendisrupsi, mengonvergensi, mengintegrasikan teknologi, platform, hingga bisnis media yang berbeda menjadi satu," ujarnya saat meresmikan kantor sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tegal, Rabu 21 Februari 2024 bersamaan dengan peringatan HPN tahun 2024.

BACA JUGA: Peringati HPN Tahun 2024 Hari Ini, Pj Bupati Tegal Agustyarsyah Sebut Hal Ini

Dia menyatakan, jika melihat trend dunia pers ke depan, maka bisa diketahui hingga saat ini minat baca ada pada usia muda atau Generasi Z. Yakni, anak muda yang berusia 18-24 tahun yang lahir di era serba digital dan media sosial.

"Mereka rata-rata minat baca pada sajian hiburan, tontonan, bacaan, hingga informasi menarik secara visual yang disajikan dalam platform media sosial yang membuat gaya konsumsi berita masyarakat kian bergeser," ujarnya.

Pj Bupati berharap, PWI tetap profesional dalam menyajikan produk jurnalistik dengan mengedepankan kode etik. Sebab, hal ini yang menjadi pembeda antaran profesi wartawan dengan pegiat sosial hingga konten kreator bahkan citizen journalism.

"Karena, saya memandang pers adalah jembatan komunikasi informasi yang independen dan turut menjadi akselerator pembangunan, termasuk menjaga iklim demokrasi kita tetap berjalan baik, aman, dan kondusif," tandasnya.

BACA JUGA: Margiono Wafat Jelang HPN, Ilham Bintang: Profesi Wartawan Tidak Termasuk PPKM

Peresmian kantor PWI yang berada di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal itu dihadiri Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun, Kasdim 0712 Tegal, Ketua KPU Kabupaten Tegal Himawan Tri Pratiwi, Ketua Bawaslu Kabupaten Tegal Harpendi Dwi Pratiwi, Kepala Dinas Kominfo Nurhayati dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Ketua PWI Kabupaten Tegal M Fatkurohman mengatakan, peresmian kantor PWI ini sekaligus untuk memperingati HPN tahun 2024 ke-78.

Seiring dengan itu, PWI juga memberikan santunan kepada 4 keluarga almarhum wartawan di Kabupaten Tegal. PWI juga menggelar talkshow dengan tema Mengawal Transisi Kepemimpinan Menuju Kondusifitas Daerah.

"Alhamdulilah semuanya berjalan lancar. Semoga pemberian tali asih ini bermanfaat untuk keluarga almarhum," kata Fatkhurohman, saat menyampaikan sambutan dalam peringatan HPN tahun 2024 tersebut. (*)

Sumber: