Jangan Langsung Panik! Begini 5 Cara Mengatasi Smart TV Lemot dengan Mudah Tanpa Perlu Jasa Servis

Jangan Langsung Panik! Begini 5 Cara Mengatasi Smart TV Lemot dengan Mudah Tanpa Perlu Jasa Servis

Ilustrasi. Cara mengatasi smart tv lemot --

RADAR TEGAL - Apakah Smart TV di rumah Anda tiba-tiba lemot? jangan langsung panik karena Anda mesti tahu cara mengatasi smart TV lemot.

 

Dengan mengetahui cara mengatasi smart TV lemot sekarang juga. Jadi Anda tak perlu langsung buru- buru langsung panggil jasa teknisi untuk memperbaikinya.

 

Cara mengatasi smart TV lemot bisa Anda praktekkan sekarang juga. Tentunya dengan mengikuti beberapa tips di dalam artikel ini.

 

Karena di dalam artikel ini akan membahas beberapa cara mengatasi smart TV. Yuk baca selengkapnya disini hingga selesai.

BACA JUGA: Harga Rp 3 Jutaan, Realme Smart TV 32 Inch Hadirkan Sensasi Menonton Bioskop di Rumah

Cara mengatasi smart TV lemot

 

1. Hapus Cache Smart TV Anda

 

Cara mengatasi smart TV lemot langkah pertama yakni untuk memperbaikinya adalah dengan menghapus cache-nya. Seperti pada laptop, smart TV juga memiliki cache yang menyimpan data sehingga tidak perlu memuatnya setiap kali anda ingin menggunakannya.

 

Dengan seiring waktu cache ini dapat menjadi penuh dan menyebabkan televisi anda menjadi lemot. Untuk menghapus cache Anda harus masuk ke pengaturan TV dan menemukan opsi “ Hapus Cache” selanjutnya pilih dan konfirmasi.

 

Selain itu anda juga dapat uninstall pemasangan aplikasi yang tidak digunakan. Karena setiap aplikasi menghabiskan banyak ruang dan memaksakan smart TV untuk bekerja lebih keras, jadi menghapus aplikasi yang tidak lagi digunakan dapat membuat kinerja pada televisi lebih baik.

 

2. Periksa Pembaruan

 

Jika menghapus cache tidak berhasil, Anda harus memeriksa pembaruan pada TV. Karena Smart TV perlu diperbarui secara berkala untuk memperbaiki masalah keamanan. 

BACA JUGA: Dijamin Awet, 7 Rekomendasi Smart TV 50 Inch Panasonic Murah Ini Dibandrol Mulai dari Rp3 Jutaan

Caranya cukup mudah anda dapat memeriksa pembaruan dengan masuk ke pengaturan TV dan menemukan opsi “pembaruan”. Lalu pilih opsi tersebut dan ikuti petunjuk pada layar untuk menginstal pembaruan sesuai dengan petunjuknya.

 

3. Nyalakan Ulang 

 

Jika smart TV Anda masih stuck setelah mencoba membersihkan cache dan memperbarui sistem dan aplikasi, hal berikutnya yang dapat Anda coba adalah memulai ulang pada TV. Hal ini dapat menutup semua aplikasi dan proses yang berjalan di latar belakang dan bisa membantu mengosongkan beberapa sumber daya.

 

Untuk memulai ulang smart TV, cukup temukan opsi “ Restart” di pengaturan TV dan pilih, kemudian perangkat akan mati dan hidup kembali. Namun jika dirasa masih lemot mungkin perlu menghubungi jasa teknisi untuk memperbaikinya.

 

4. Instal Aplikasi Pengoptimalan TV

 

Ada beberapa aplikasi yang dapat anda install yang dapat membantu untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kinerja pada TV. Beberapa aplikasi yang sering digunakan adalah Optimization dan Fast Optimizer.

 

BACA JUGA: Cara Memilih dan Keunggulan Smart TV Polytron, Harga Murah tapi Kualitas Tidak Main-main

 

Setelah anda menginstal aplikasinya, cukup ikuti petunjuk di layar untuk mengoptimalkan TV. Coba lihatlah perbedaan pada kinerja perangkat setelah menggunakan aplikasi ini.

5. Reset Pabrik TV

Jika Anda telah mencoba semua cara diatas dan TV masih lemot, cara paling terakhir adalah mengembalikan ke setelan pabrik. Ini akan menghapus semua data dan pengaturan dan mengembalikan TV anda dengan semula. 

 

Tapi perlu diingat ini adalah pilihan terakhir dan hanya boleh dilakukan jika diperlukan saja. Untuk reset pabrik pada smart TV, cukup temukan opsi “ Factory Reset” di pengaturan TV dan pilih.

 

Kemudian TV akan dimulai ulang dan semua data serta peraturan Anda akan dihapus. Jika perangkat masih mengalami masalah setelah di reset pabrik, alangkah baiknya perlu menghubungi teknisi untuk memperbaikinya.

 

BACA JUGA: Penyebab Smart TV Panasonic Lebih Awet dari Smart TV Lain, Bukan Cuma Sistem Operasinya Lebih Mudah

 

Demikian pembahasan informasi yang kami sampaikan tentang cara mengatasi smart TV lemot. Semoga bermanfaat dan dapat membantu. (*)

Sumber: