Anggarannya Rp469 Juta, TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2024 di Kabupaten Tegal Dibuka

Anggarannya Rp469 Juta, TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2024 di Kabupaten Tegal Dibuka

DIBUKA - TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2024 di Kabupaten Tegal, resmi dibuka di Lapangan Desa Pedagangan Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal, Selasa 20 Februari 2024.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Bertempat di Lapangan Desa Pedagangan Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal, Selasa 20 Februari 2024, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I tahun 2024 di Kabupaten Tegal resmi dibuka. Pembukaan ini dipimpin Pj Bupati Tegal Agustyarsyah bersama Komandan Kodim 0712 Tegal, Korem 071 Wijayakusuma Letkol Inf Suratman.

Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2024 di Kabupaten Tegal ini ditandai dengan penyerahan alat peraga, penandatanganan penyerahan program TMMD dari Pj Bupati Tegal kepada Komandan Kodim 0712 Tegal Letkol Inf Suratman serta pemukulan gong.

“Dengan adanya pembangunan infrastruktur ini diharapkan mampu memperlancar aksesibilitas warga dalam beraktivitas yang jadi lebih mudah, lebih cepat,” kata Agustyarsyah, di sela-sela sambutan dalam pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2024 di Kabupaten Tegal.

Menurutnya, kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2024 ini dapat menjadi cerminan kegotongroyongan antara TNI dengan pemerintah daerah, Polri, pemerintah desa serta masyarakat untuk bahu-membahu membangun desa, memajukan desa menuju desa mandiri. Hal ini merupakan bagian dari upaya besar bangsa ini dalam menciptakan ketahanan nasional.

BACA JUGA: Selesai! TMMD Sengkuyung Sesepan Kabupaten Tegal Bangun Jalan 337 Meter dan Talut 208 M

“Melalui momen TMMD ini, pemerintah desa bersama kader Posyandu, kader KB, bekerja sama dengan Puskesmas Dukuhwaru bisa melakukan pengukuran, updating data balitanya. Sehingga target untuk penyuluhannya terkait penanganan stunting semakin tepat sasaran,” pesan Pj Bupati.

Komandan Kodim 0712 Tegal Letkol Inf Suratman mengatakan, TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2024 di Kabupaten Tegal ini menelan biaya sebesar Rp 469 juta. Anggaran itu bersumber dari APBD Provinsi Jateng sebesar Rp 89 juta dan APBD Kabupaten Tegal Rp 380 juta.

"TMMD ini dilaksanakan mulai tanggal 20 Februari sampai 20 Maret 2024,” tegasnya.

Dia menjelaskan, untuk sasaran pokok atau sasaran fisik TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2024 yang dilaksanakan yakni pengaspalan jalan dengan panjang 900 meter lebar 3 meter.  Sedangkan untuk sasaran nonfisik berupa penyuluhan seperti sosialisasi TMMD, penyuluhan wawasan kebangsaan dan belanegara, penyuluhan protokol kesehatan, penyuluhan bahaya stunting, penyuluhan kenakalan remaja dan narkoba, penyuluhan KB dan kesehatan posyandu.

"Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan bermanfaat untuk masyarakat," harapnya saat Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2024. (*)

Sumber: