5 Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Mudah Mengatasinya, Dijamin Langsung Dinginkan Ruangan dengan Maksimal

5 Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Mudah Mengatasinya, Dijamin Langsung Dinginkan Ruangan dengan Maksimal

Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya--

Penyebab selanjutnya yaitu kondensor yang kotor atau rusak, yang terletak pada bagian luar dan berguna untuk memanaskan freon di suhu tertentu. Untuk menjadikannya dingin kembali, kamu perlu membersihkannya secara rutin.

Kamu bisa menggunakan sabun dan air untuk menghilangkan kotoran lalu siram dengan air secara perlahan. Jika kamu tidak menggunakan AC dalam waktu yang lama, maka tutup kondensor dengan kain agar tidak menyebabkan masalah.

3. Unit Pendingin yang Kotor

Penyebab AC tidak dingin selanjutnya yaitu unit pendingin yang kotor dan ini menjadi penyabab yang paling umum. Jika kamu tinggal pada derah yang banyak debu seperti di pinggir jalan maka harus membersihkan unit secara rutin.

Kamu perlu untuk memeriksa kertas filter atau penyaring kotoran yang ada dalam AC. Jika sudah penuh dengan debu ataupun kotoran, maka bersihkan penyaring tersebut, tapi jika sudah berubah warna maka bisa diganti dengan yang baru.

BACA JUGA: 6 Kelebihan AC Daikin yang Harus Diketahui, Salah Satunya Punya Fitur Anti Bakteri dan Low Watt

4. Kurangnya Gas Pendingin

Penyebab selanjutnya yaitu kurangnya gas pendingin, jadi ketika kamu akan membeli AC perlu untuk memperhatikan spesifikasinya. Kamu perlu untuk memeriksa apakah AC masih menggunakan gas freon atau puron karena kamu tidak boleh salah mengusi gas pendingin.

Jika AC yang kamu miliki kekurangan gas pendingin, maka otomatis kemampuan untuk mendinginkan ruangan akan berkurang. Jadi, periksa kapasitas dari gas pendingin secara rutin srtiap 6 bulan sekali untuk memastikan jumlahnya cukup.

5. Ampere Kompressor Melebihi Batas Normal

Penyebab terakhir yaitu ampere kompressor yang melebihi batas normal. Tapi, jika kapasitor baik-baik saja, itu berarti ampere kompresor yang melebih batas normal.

Kamu bisa mengecek ampere menggunakan clamp meter (tang ampere). Caranya yaitu dengan menjepitkan rahang tang ampere ke kedua kabel (-) dan kabel (+) pada kabel kiriman di outdoor.

haBACA JUGA: Harga AC Hemat Listrik 200 Watt Mulai Rp2 Jutaan, Dingin Maksimal Tagihan Listrik Minimal

Jangan lupa juga untuk memposisikan saklar clamp meter pada posisi A, namun jika angka melebihi batas A maka kompresornya lemah. Solusi yang tepat yaitu menggantinya dengan unit yang baru.

Itulah beberapa penyebab AC tidak dingin dan cara mudah untuk mengatasinya. Penyebab AC yang secara tiba-tiba tidak mengeluarkan dingin memang banyak, termasuk seperti yang diatas.

Sumber: