Kaum Galbay, Catat Waktu DC Pinjol Menagih Nasabah yang Menunggak

Kaum Galbay, Catat Waktu DC Pinjol Menagih Nasabah yang Menunggak

TAGIHAN - Bocoran waktu DC pinjol menagih nasabah masih menjadi perdebatan, namun nasabah tetap perlu waspada dan memahami peraturan yang berlaku.--

RADAR TEGAL -  Bocoran waktu DC pinjol menagih nasabah sedang menjadi sorotan publik belakangan ini. Bagaimana DC bekerja, jadwal penagihan dan tips mengatasinya? 

Banyak informasi beredar di media sosial mengenai jadwal khusus waktu DC pinjol menagih nasabah yang terlambat membayar. Apakah jam 21.00 DC pinjol masih bisa menagih nasabahnya? 

Namun, pertanyaannya adalah, apakah bocoran tersebut benar adanya? Oleh karena itu artikel berikut ini akan membahas bocoran waktu DC pinjol menagih nasabah yang galbay.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) belum memberikan konfirmasi resmi terkait hal waktu DC pinjol menagih nasabah ini, namun penting bagi kita untuk memahami aturan yang telah ditetapkan terkait penagihan pinjol.

BACA JUGA: Banyak yang Keliru Tentang sampai Kapan DC Pinjol Akan Berhenti Menagih Utang, Begini Penjelasannya

Aturan penagihan pinjol

Meskipun belum ada konfirmasi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) mengenai keberadaan bocoran waktu penagihan DC pinjol.

Perlu dicatat bahwa OJK telah menetapkan sejumlah aturan terkait penagihan pinjol. Aturan-aturan ini bertujuan untuk melindungi konsumen dari praktik penagihan yang melanggar etika dan hukum. Salah satu aturan yang ditegaskan adalah:

  • 1. Jam penagihan

Menurut ketentuan OJK, penagihan hanya diizinkan dilakukan pada rentang waktu antara jam 08.00 hingga 20.00 sesuai dengan waktu alamat penerima dana.

  • 2. Frekuensi penagihan

Penagihan tidak boleh dilakukan secara terus menerus dan tidak boleh bersifat mengganggu.

BACA JUGA: Lokasi yang Tidak Aman dari DC Pinjol Kredivo di Luar Jawa, Jangan sampaiGalbay Jika Tak Mau Ditagih ke Rumah

  • 3. Metode penagihan

Penagihan hanya boleh dilakukan melalui jalur pribadi, seperti telepon atau kunjungan langsung ke alamat peminjam.

Waktu penagihan DC pinjol

Bocoran waktu DC pinjol menagih nasabah yang sering beredar di media sosial ini mengklaim adanya jadwal khusus yang diikuti oleh DC pinjol dalam menagih nasabah yang terlambat membayar. 

Sumber: