Sepele tapi 6 Cara Menggunakan AC Ini Bikin Tagihan Listrik Tetap Hemat dan Awet

Sepele tapi 6 Cara Menggunakan AC Ini Bikin Tagihan Listrik Tetap Hemat dan Awet

6 cara menggunakan AC agar tagihan listrik tetap hemat dan awet-freepik-

3. Menggunakan timer

Sepele, namun cara menggunakan AC dengan timer ini bisa membantu agar tagihan listrik tetap hemat. Anda bisa gunakan fitur timer pada AC Anda untuk mengatur jam nyala dan mati otomatis.

Anda bisa atur agar AC Anda bisa menyala ketika dibutuhkan, misalnya saat sudah tiba di rumah. Kemudian atur AC agar mati ketika ruangan sudah cukup dingin atau Anda akan pergi tidur.

4. Memastikan agar ruangan tertutup rapat

Tips penggunaan AC agar irit listrik ini tentunya sudah diketahui semua orang. Untuk membuat AC agar bisa mendinginkan ruangan secara optimal, tentunya harus menutup ruangan rapat-rapat lebih dulu.

Sebab, jika ada udara dari luar masuk akan mengganggu kinerja AC dan berujung membuat AC harus bekerja lebih keras mendinginkan ruangan. Hal inilah yang sering membuat tagihan listrik makin boros.

BACA JUGA: Cocok Buat Kos-kosan, Ini Rekomendasi AC Daikin 1/2 PK Terbaru 2024 Kualitasnya Nggak Main-main

Maka dari itu, pastikan agar pintu dan jendela ruangan Anda tertutup rapat ketika AC baru dihidupkan atau sedang menyala. Hal ini bisa membuat suhu ruangan jadi lebih stabil.

5. Rawat AC secara berkala

Melakukan perawatan pada barang elektronik termasuk AC memang jadi salah satu langkah agar produk bisa tetap awet. Jangan lupa untuk rutin membersihkan filter AC dan cek keseluruhan AC secara berkala. 

6. Menggunakan kipas angin sebagai pelengkap

Sebenarnya ini opsional, namun Anda bisa gunakan kipas angin untuk membantu udara bisa terdistribusi ke seluruh ruangan secara merata. Jadi, Anda bisa atur suhu AC tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi, namun ruangan bisa tetap sejuk merata.

Penutup

Penggunaan AC di atas tadi bisa Anda lakukan sehari-hari untuk menekan biaya tagihan listrik. Mulai dari menggunakan mode hemat energi, atur suhu yang tepat, penggunaan timer, ruangan harus tertutup rapat saat AC menyala, serta rawat AC secara berkala.

Demikian 6 cara menggunakan AC agar tagihan listrik tetap hemat dan juga awet. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

Sumber: