Apakah Galbay Pinjol di Bawah 1 Juta Aman dari Incaran DC Lapangan? Nasabah Wajib Merapat

Apakah Galbay Pinjol di Bawah 1 Juta Aman dari Incaran DC Lapangan? Nasabah Wajib Merapat

Ilustrasi. Galbay pinjol dibawah 1 juta aman atau tidak dari incaran debt collector lapangan?--

RADAR TEGAL - Pengguna pinjol semakin hari semakin meningkat. Begitu pula yang galbay masih terus bertambah. Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah galbay pinjol di bawah 1 juta aman dari Debt Collector (DC) lapangan?

 

Pertanyaan apakah galbay pinjol di bawah 1 juta aman ini kerap mencuat dari kalangan nasabah yang mungkin baru pertama kali mengalami galbay atau berhubungan dengan pinjol. Mereka tentunya ingin mengetahuinya, apakah DC lapangan akan berkunjung untuk menagih?

 

Hal ini mengingat nominal utang pinjol yang galbay relatif tidak terlalu besar. Jika demikian,

apakah galbay pinjol di bawah 1 juta aman dari DC lapangan?

 

Nah, untuk Anda yang penasaran atau sedang berada di posisi ini, wajib menyimak artikel ini sampai selesai. Karena di sini akan membahas secara lengkap soal apakah galbay pinjol di bawah 1 juta aman?

BACA JUGA: Banyak yang Keliru Tentang sampai Kapan DC Pinjol Akan Berhenti Menagih Utang, Begini Penjelasannya

Apakah galbay pinjol di bawah 1 juta aman dari DC lapangan?

Kebanyakan nasabah pinjol sering kali beranggapan bahwa jumlah pinjaman yang relatif kecil, mungkin akan aman dari DC lapangan. Namun, jangan salah. Karena hal ini tidak sepenuhnya benar.

 

DC lapangan bisa saja menagih utang pinjol selama nasabahnya galbay terlepas dari jumlahnya. Namun, mereka harus tetap mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku dalam penagihan utang. 

Terkait pertanyaan apakah galbay pinjol di bawah 1 juta aman? Jawabannya tetap tidak aman ya. Karena, pinjol yang punya DC lapangan tetap akan menagih nasabah galbay.

 

Penjelasan dalam kanal YouTube Fintech Id bisa membantu menjawab apakah galbay pinjol di bawah 1 juta aman. Di sana disebutkan jumlah minimal utang yang akan ditagih oleh DC lapangan umumnya di atas Rp500 ribu. Jumlah tersebut berarti di bawah 1 juta.

 

BACA JUGA: 7 Keuntungan Pinjol Tanpa KTP, Salah Satunya Bunga yang Cukup Rendah

 

Meski demikian, berdasarkan pengalaman, utang atau pinjaman di bawah Rp500 ribu itu jarang didatangi DC lapangan. Namun bukan berarti aman.

 

Karena itu, meski jumlah utang pinjolnya relatif kecil atau hanya di bawah 1 juta, nasabah tetap memiliki kewajiban untuk membayar utang. Jadi pastikan nasabah untuk tidak galbay.

 

Karena jika terjadi galbay, nasabah harus menghadapi beberapa resiko yang akan dihadapi untuk ke depannya. Resiko tersebut di antaranya:

 

1. Masuk dalam blacklist OJK

 

Untuk yang pertama sudah dipastikan masuk dalam blacklist OJK. Hal ini berarti bahwa catatan riwayat kredit Anda buruk dan berpengaruh kedepannya akan kesulitan mendapatkan pinjaman dari platform pinjol maupun lembaga keuangan lainnya. 

 

Oleh karena itu sangat penting untuk membayar tagihan tepat waktu supaya BI Checking Anda tetap terjaga.

BACA JUGA: Satu Kata Ini Bikin DC Pinjol Berhenti Menagih, Ampuh Atasi Teror Penagih Utang yang Mengganggu

2. Denda dan beban bunga terus bertambah

 

Kemudian resikonya jika Anda gagal bayar di pinjol maka denda dan bunga akan terus bertambah. Karena hal ini dapat menyebabkan jumlah hutang Anda semakin tinggi dan kemungkinan membuatnya semakin sulit untuk dibayar.

 

3. Dikejar debt collector lapangan

 

Jika Anda mengalami gagal bayar pinjol, perusahaan pinjaman online mungkin akan menugaskan tim debt collector untuk menagih pembayaran. Mereka juga dapat menghubungi Anda secara terus menerus melalui pesan singkat, telepon, WhatsApp atau kunjungan langsung ke rumah Anda. Hal ini tentunya bisa menjadi pengalaman yang buruk dan dapat menyebabkan stres.

 

Sebagai informasi tambahan, jika Anda galbay dan kesulitan untuk membayar utang pinjol berikut ini solusi melunasinya dengan cepat: 

 

1. Cari sumber pendapatan tambahan

 

Meskipun Anda memiliki pekerjaan dengan gaji pokok, jika kemungkinan carilah sumber pendapatan tambahan untuk melunasi hutang pinjol agar cepat lunas.

 

BACA JUGA: Benarkah Blokir Nomor Debt Collector Pinjol Bisa Dipidana? Simak Jawaban dan Cara Menghindarinya

 

2. Kurangi pengeluaran

 

Selanjutnya jika Anda memiliki tagihan hutang pinjol yang masih tertunggak, lebih baik kurangi pengeluaran yang tidak diperlukan dan mengalokasikan dana ekstra untuk melunasi utang.

 

3. Evaluasi keuangan Anda

 

Saat Anda memiliki hutang pinjol, lebih baik hitung secara rinci terkait pemasukan, pengeluaran setiap bulannya. Dengan memahami hal penting ini bisa memudahkan anda untuk segera melunasi utang pinjol.

 

4. Hindari utang baru di tempat lain

 

Selanjutnya jika Anda masih memiliki utang pinjol, alangkah baiknya tidak membuat utang baru di tempat lain. Hal ini justru dapat memperburuk keuangan Anda.

 

5. Jual barang bekas

 

Cara melunasi utang pinjol agar cepat lunas Anda bisa menjual barang bekas. Karena penjualan bekas ini bisa menghasilkan uang untuk melunasi hutang sekaligus membersihkan rumah dari barang yang sudah tidak diperlukan lagi.

 

BACA JUGA: Nasabah Galbay Catat Jam-jam Ini, Waktunya DC Pinjol Datang ke Rumah Tagih Pinjaman yang Nunggak

 

Itulah penjelasan selengkapnya terkait pertanyaan apakah galbay pinjol di bawah 1 juta aman dari incaran DC lapngan serta penjelasan cara cepat melunasi utang. Semoga membantu. (*)

Sumber: