Tips Menghindari DC Lapangan Pinjol Menagih Pinjaman Ke Rumah, Kenali Sebelum Teror Menghantui

Tips Menghindari DC Lapangan Pinjol Menagih Pinjaman Ke Rumah, Kenali Sebelum Teror Menghantui

Cara menghindari dc lapangan pinjol saat menagih pinjaman--

RADAR TEGALUntuk para nasabah, berikut tips menghindari DC lapangan pinjol menagih pinjaman. Mereka biasanya akan datang ke rumah setelah nasabah mengalami gagal bayar.

Oleh karena itu, para nasabah diharuskan hati-hati karena beberapa platform pinjaman ini memiliki DC lapangan pinjol yang siap mengaih pinjaman dan datang ke rumah.

Sebagai nasabah, kalian harus mengetahui tips menghindari DC lapangan pinjol menagih pinjaman, agar nantinya nasabah harus berhati-hati dan jangan sampai galbay. 

Terutama bagi nasabah baru, jangan menggunakan pinjol ilegal karena bisa merugikan diri sendiri, jika sudah terlanjur, maka perlu Anda simak tips menghindari DC lapangan pinjol yang menagih pinjaman ke rumah.

BACA JUGA: 5 Pelanggaran DC Lapangan Pinjol saat Menagih Pinjaman yang Tidak Disadari Nasabah

Tips menghindari DC lapangan pinjol menagih pinjaman ke rumah

Inilah beberapa langkah untuk menghindari kunjungan DC lapangan pada pinjol yang datang ke rumah, antara lain:

  1. Sampaikan solusi pembayaran yang terbaik kepada layanan pelanggan pinjol
  2. Jika kalian merasa diintimidasi oleh DC lapangan, laporkan ke OJK atau kepolisian
  3. Lakukan pembayaran hutang pinjol tepat waktu
  4. Apabila terjadi keterlambatan pembayaran, segera hubungi layanan pelanggan pinjol dan sampaikan kendala yang kalian hadapi.

Debt Collector (DC) lapangan pada pinjol biasanya datang ke rumah untuk menagih hutang setelah ada ketentuan tertentu yang dilanggar oleh peminjam, seperti keterlambatan pembayaran atau ketidakpatuhan terhadap syarat-syarat pinjaman.

Namun, penting untuk dicatat bahwa praktek penagihan hutang oleh DC lapangan haruslah sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku dan tidak melanggar hak-hak konsumen.

BACA JUGA: Apakah Pinjol AdaKami Ada DC Lapangan di 2024? Nasabah yang Galbay di Aplikasi Ini Wajib Tahu

Secara umum DC lapangan pinjol akan datang ke rumah jika:

  • Mempunyai riwayat pembayaran yang buruk
  • Peminjam tinggal di daerah yang mudah dijangkau
  • Peminjam menunggak pembayaran lebih dari batas yang ditentukan
  • Utang pinjol termasuk besar.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengatur waktu kerja bagi debt collector lapangan yang melakukan penagihan hutang ke rumah debitur.

Sesuai peraturan tersebut, debt collector lapangan pinjol diizinkan menagih hutang hanya pada rentang waktu antara pukul 08.00 hingga 20.00 waktu setempat.

Regulasi ini bertujuan untuk menjaga nasabah agar terlindungi dari praktik penagihan yang mengganggu kenyamanan mereka. Selain itu, aturan ini juga bertujuan untuk memberikan batasan waktu bagi penagihan hutang agar tidak berlangsung secara terus-menerus selama 24 jam.

Sumber: