Surat Suara Sudah Tercoblos Ditemukan di Tegal, Pemilih Histeris Hingga sang Suami Sobek Kertasnya

Surat Suara Sudah Tercoblos Ditemukan di Tegal, Pemilih Histeris Hingga sang Suami Sobek Kertasnya

KONFIRMASI - Ketua KPU Kabupaten Tegal Himawan TP dan Ketua Bawaslu Kabupaten Tegal Harpendi saat mengkonfirmasi kepada ketua KPPS TPS 01 Desa Lemahduwur Kecamatan Adiwerna, ihwal surat suara capres yang sudah tercoblos, Rabu 14 Februari 2024. -YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Surat suara sudah tercoblos ditemukan selama Pemilu 2024, Rabu 14 Februari 2024. Hal ini juga terjadi di Kabupaten Tegal, tepatnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Desa Lemahduwur Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal.

Seorang pemilih tampak berteriak histeris saat melihat surat suara calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) ternyata sudah tercoblos. Aksinya saat menunjukkan surat suara sudah tercoblos langsung viral di sejumlah grup Whatsapp (WAG). 

Dalam video itu, disebutkan lokasi kejadian surat suara sudah tercoblos di TPS 01 Desa Lemahduwur, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal.

"Padahal saya belum mencoblos. Tapi ternyata sudah tercoblos. Ini kecurangan nih. Ini 02," kata pemilih sambil membentangkan surat suara sudah tercoblos untuk Capres dan Cawapres yang direkam oleh warga. 

BACA JUGA: Nyoblos di 4 TPS Pemilu 2024 Kota Tegal Pemilih Bisa Nikmati Cukur Gratis, Pijat Hingga Makan di Warteg

Dalam rekaman video itu, Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 01 Alwiyah terlihat sudah menyarankan kepada pemilih agar surat suara yang sudah tercoblos agar diganti. Pihaknya mengaku akan menggantinya yang baru. 

Namun, pemilih dalam video itu terlihat tetap histeris. Saat mendapat laporan tersebut, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal Himawan TP langsung mendatangi ke lokasi didampingi sejumlah komisioner lainnya. 

Himawan menjelaskan kronologi peristiwa itu berawal saat pemilih mendapatkan 5 surat suara lalu menuju ke bilik suara. Setelah di bilik suara, tiba-tiba pemilih berteriak histeris bahwa surat suara sudah tercoblos. 

"Kami juga tidak tahu apakah pemilih sudah mencoblos apa belum. Dia lalu histeris dan mengatakan bahwa surat suara sudah dicoblos. Bahkan mereka bilang supaya peristiwa itu diviralkan," kata Himawan, saat ditemui di lokasi TPS 01 Desa Lemahduwur.

BACA JUGA: Puluhan Diskon dan Promo Makanan Spesial Pemilu 2024, Warga Tegal Siap-siap Serbuuu

Menurut Himawan, sebenarnya ketika ada kerusakan pada surat suara Pemilu, bisa langsung diganti. Pemilih dapat menghubungi ke KPPS setempat.

"Tapi ini seperti ada unsur kesengajaan agar viral. Padahal tadi sudah disarankan agar (surat suara yang sudah tercoblos) diganti," ucapnya.

Sumber: