Bisakah Pinjol Hubungi Kontak Teman Nasabah Galbay? Simak Dulu Penjelasannya Berikut

Bisakah Pinjol Hubungi Kontak Teman Nasabah Galbay? Simak Dulu Penjelasannya Berikut

Bisakah pinjol hubungi kontak teman nasabah galbay ?-freepik-

Perlu Anda tahu, pinjol ilegal beroperasi tidak sesuai dengan aturan OJK. Mulai dari pendaftaran sampai praktik penagihan hutang kepada nasabah.

Saat install aplikasi pinjol yang sudah resmi OJK, maka hanya akan ada 3 izin akses yang diminta yaitu microphone, location, dan camera. Jika aplikasi meminta izin akses berlebihan seperti data kontak, foto, dan sebagainya maka patut dicurigai dan jangan beri izin.

BACA JUGA: Auto Lunas, Ini 5 Cara Keluar dari Jeratan Hutang Pinjol dan Anti Dikejar DC Lapangan

Dari izin akses itulah pinjol ilegal nanti bisa meretas isi ponsel dan data-data Anda. Maka tidak heran mengapa mereka bisa menghubungi kontak-kontak teman Anda yang tersimpan di ponsel atau catatan telepon.

Tips menggunakan pinjol yang aman

Setelah Anda ketahui segala risiko galbay pinjol legal atau ilegal tadi yang bisa berdampak pada kontak teman, Anda mesti simak juga bagaimana tips menggunakan pinjol yang aman. Selain meminimalisir risiko galbay, tips ini juga bisa melindungi privasi Anda.

Pertama tentunya harus menggunakan pinjol yang sudah terverifikasi OJK. Anda bisa cek legalitasnya di situs OJK atau WhatsApp di 081-157-157-157. Selain yang legal, pastikan layanan tersebut memiliki reputasi yang baik dari para pengguna.

Setelah itu baru Anda bisa install aplikasinya di ponsel dan mengajukan pendaftaran. Saat pendaftaran, Anda bisa cek dulu kebijakan dan syarat yang diberlakukan layanan terkait.

BACA JUGA: Ini 4 Alasan Tidak Bisa Gunakan KTP Orang Lain untuk Pinjol, Kalau Nekat Bisa Dijerat Pidana

Pastikan Anda benar-benar sudah memahami kebijakannya dan memenuhi persyaratan maupun kriteria yang diminta. Sebab tiap layanan memiliki aturan tersendiri.

Tips menggunakan pinjol yang aman berikutnya yaitu menyesuaikan juga jumlah pinjaman dengan kebutuhan dan kemampuan, termasuk juga tenornya. Sebagai tips, ajukan pinjaman tidak lebih dari 30 persen dari pendapatan Anda agar lebih mudah bayar hutang nantinya.

Jangan lupa juga selalu bayar cicilan tepat waktu sesuai kesepakatan. Hal ini untuk menjaga skor kredit tetap aman.

Penutup

Demikian ulasan pinjol hubungi kontak teman nasabah galbay, beserta tips menggunakannya agar aman. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

Sumber: