1.644 Personel Gabungan Dilepas Amankan Pemungutan Suara Pemilu 2024 di TPS

1.644 Personel Gabungan Dilepas Amankan Pemungutan Suara Pemilu 2024 di TPS

Pengecekan pasukan pengamanan tahapan pemungutan suara Pemilu 2024 di TPS--

RADAR TEGAL - Apel kesiapan dan pergeseran pasukan digelar di halaman Mapolres Tegal Kota, Selasa 13 Februari 2024. Para personel yang terdiri dari anggota Polisi dan Linmas serta TNI itu nantinya akan bertugas untuk mengamankan jalannya pemungutan suara di TPS yang ada.

Apel pergeseran pasukan pengamanan pemungutan suara Pemilu 2024, dipimpin langsung Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, Hadir dalam apel tersebut, Kapolres Tegal Kota, Ketua KPU, Komisioner Bawaslu, serta sejumlah tamu undangan lainnya. Sedangkan untuk peserta apel terdiri dari gabungan TNI-Polri dan anggota Linmas.

Dalam sambutannya, saat apel pengamanan pemungutan suara Pemilu 2024 itu, Dedy Yon mengatakan, Pemkot bersama TNI-Polri dan unsur terkait, berkewajiban. Untuk memastikan pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan kondusif. 

"Untuk menjamin keamanan dan kelancaran Pemilu di wilayah Kota Tegal, kita sudah turunkan 118 personel Polri dan 1.526 personel Linmas. Mereka akan mengamankan langsung pemungutan suara Pemilu 2024 di 762 plus 1 TPS khusus yang ada di Lapas secara melekat," katanya.

BACA JUGA: Perlengkapan Personel Pengamanan Pemungutan Suara Pemilu 2024 di Tegal Dicek

Selanjutnya, Dedy Yon berharap agar masyarakat dapat berperan aktif untuk mensukseskan Pemilu 2024 ini. Dengan cara ikut hadir langsung memberikan hak suara sesuai lokasi TPS nya masing-masing. 

"Serta saling menjaga kerukunan antar warga sehingga tercipta kondusifitas keamanan di Kota Tegal. Kita berharap kehadiran pemilih di Kota Tegal harus lebih dari 90 persen," ujarnya.

Menurut Dedy Yon, kesadaran masyarakat Kota Tegal menjadi barometer Nasional. Sehingga, pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan para pemilik kapal, pengusaha warteg dan pengusaha lainnya.

"Itu, agar sebelum 14 Februari, mereka sudah bisa pulang. Sehingga pada saat pemungutan suara, mereka bisa hadir memberikan hak suaranya," tutur Wali Kota Tegal.

BACA JUGA: Besok Pemilu 2024, Waspada Kerawanan Pelanggaran saat Pemungutan Suara

Kapolres Tegal Kota menambahkan menghadapi pelaksanaan tahap inti Pemilu, pihaknya sudah mempersiapkan anggota pengamanannya. Itu, untuk memberikan jaminan keamanan dan kelancaran jalannya pemungutan suara dan penghitungan hasil perolehan suara. 

"Polres Tegal Kota bersama jajaran TNI sudah menyiapkan personel pengamanan tahap inti Pemilu besok. Gun memberikan jaminan keamanan dan kelancaran pada pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, baik saat di TPS hingga tingkat PPK maupun nanti sampai di KPU Kota Tegal," tegasnya.

Kapolres menegaskan, kehadiran petugas keamanan sangat menunjang dalam menjaga kondusifitas kamtibmas. Agar dapat mengantisipasi terjadinya berbagai permasalahan. 

Sehingga harapannya, kata Kapolres, pada tahap pemungutan suara nanti, dapat berlangsung dengan aman dan lancar. Di mana pemungutan suara akan berlangsung besok tanggal 14 Februari 2024. 

Sumber: