Kapan Saja Debt Collector Pinjaman Online Datang ke Rumah? Nasabah Galbay Harus Pahami Pola Kerjanya

Kapan Saja Debt Collector Pinjaman Online Datang ke Rumah? Nasabah Galbay Harus Pahami Pola Kerjanya

Debt collector pinjaman online datang ke rumah di hari apa?--

RADAR TEGAL - Seperti kita ketahui debt collector pinjaman online ini bertugas menagih nasabah yang telat bayar tagihan maupun gagal bayar hingga berbulan-bulan. Namun tahukah Anda DC pinjol akan datang ke rumah di hari apa?

 

Debt collector pinjaman online datang ke rumah di hari apa? Nasabah galbay mesti tahu supaya nantinya siap menghadapi DC pinjaman online jika tiba-tiba ke ke rumah Anda.

 

Nah pastinya banyak yang penasaran kira-kira debt collector pinjaman online datang ke rumah di hari apa? Untuk mengetahui jawabannya Anda mesti simak pembahasan artikel kali ini.

 

Karena di dalam artikel ini akan memberitahu Anda bocoran jawaban terkait pertanyaan debt collector pinjaman online datang ke rumah di hari apa? Jangan lupa untuk membaca hingga selesai.

BACA JUGA: Tips Mewaspadai Pinjol DC Lapangan, Pinjam Uang Aman dan Nyaman tanpa Was-was

Jadwal dc pinjol lapangan datangi rumah atau tempet bekerja

Jadi debt collector pinjaman online datang ke rumah di hari apa? Mereka tentunya memiliki jadwal- jadwalnya yang telah ditetapkan oleh perusahaan pinjaman online tersebut. 

 

Jika kita melihat peraturan dari petinggi OJK yang telah ditetapkan debt collector pinjaman online boleh datang ke rumah nasabah di hari apa saja. Tetapi mereka harus datang hanya di jam kerja saja.

 

Berati debt collector pinjaman online bisa datang ke rumah nasabah di hari Senin sampai Jumat saja dan dilarang datang di hari libur. Artinya pada tanggal merah maupun weekend juga tidak diperbolehkan menagih hutang.

 

Kemudian dari pihak otoritas jasa keuangan (OJK) juga telah menetapkan waktu kapan debt collector pinjaman online datang ke rumah nasabah untuk menagih hutang. Dalam SEOJK 19/2023 bahwa penagihan hanya bisa dilakukan pada pukul 08.00 sampai 20.00 wilayah waktu alamat penerima dana.

 

BACA JUGA: 3 Tanda DC Pinjol Sudah Sadap Data Pribadi NIK KTP Pengguna, Nomor Paling 2 Sering Dialami Nasabah

 

Selanjutnya, jika Anda telah mengetahui bahwa debt collector pinjaman online datang di hari apa dan di jam berapa maka jika mereka datang menyalahi aturan yang telah ditetapkan boleh saja Anda tidak mempersilahkan mereka masuk. Tetapi jika debt collector pinjaman online tetap memaksa Anda juga berhak untuk tidak menanggapinya.

 

Saat ini debt collector pinjaman online sudah mendapatkan pelatihan lapangan dan etika saat penagihan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Berbeda dengan DC pinjol ilegal mereka bisa melakukan tindakan yang semena-mena dan menagih secara kasar.

 

Sedangkan debt collector pinjaman online yang legal dilarang keras menagih secara kasar, tidak boleh mengancam, intimidasi merendahkan suku agama ras dan harga diri di dunia fisik maupun media sosial. Jadi jika debt collector yang melanggar aturan Anda bisa melaporkannya ke pihak OJK, maupun ke kantor polisi terdekat.

 

Nah biasanya debt collector pinjaman online ini datang ke rumah nasabah galbay setelah satu minggu hingga dua minggu setelah menunggak pembayaran tagihan. Namun tidak ada ketetapan secara pasti berapa hari debt collector ini datang ke rumah karena pastinya perusahaan pinjaman online memiliki peraturan yang berbeda-beda.

 

BACA JUGA:Bahaya Pinjol Ilegal Bisa Sadap HP, Ancaman Nyata Mengincar Data Pribadi

 

Sebagai informasi tambahan, begini cara menghadapi debt collector pinjaman online jika datang ke rumah Anda:

1. Terima Kedatangannya dengan Baik

Untuk yang pertama jika debt collector pinjaman online datang ke rumah Anda terima kedatangannya dengan baik dan mempersilahkan mereka masuk.

 

2. Tanyakan Identitasnya

 

Kemudian tanyakan identitas diri debt collector seperti surat tugas penagihan dari perusahaan, kartu nama lengkap, sertifikasi APPI atau Asosiasi Pembiayaan Indonesia. Tujuannya adalah penagih hutang bisa menunjukkan bukti aktivitas profesinya. 

 

Hal ini penting dilakukan pasalnya banyak kasus debt collector bodong yang dimana hutang nasabah bukannya lunas malah semakin bertambah.

 

3. Jelaskan Alasan Keterlambatan Cicilan

 

Kemudian jelaskan secara jujur dan baik- baik alasan keterlambatan Anda membayar tagihan pinjaman online tersebut dan bicarakan untuk menemukan solusi tepatnya secara seksama mengenai tagihan pinjaman ini.

BACA JUGA: Inilah Ciri-ciri Penipuan Danakini Pinjol Palsu yang Masih Jarang Diketahui, Simak Selengkapnya

Nah itulah penjelasan pertanyaan debt collector pinjaman online datang ke rumah di hari apa saja. Semoga membantu. (*)

Sumber: