3 Tanda DC Pinjol Sudah Sadap Data Pribadi NIK KTP Pengguna, Nomor Paling 2 Sering Dialami Nasabah

3 Tanda DC Pinjol Sudah Sadap Data Pribadi NIK KTP Pengguna, Nomor Paling 2 Sering Dialami Nasabah

Ilustrasi tanda DC pinjol sudah sadap data pribadi--

Saat ini pengajuan pinjol dengan data orang lain sudah banyak dilakukan para joki pinjol untuk pengajuan pinjaman. Penggunaan data tersebut untuk pinjol ilegal yang tidak membutuhkan banyak data lainnya, termasuk verifikasi menggunakan foto.

Sehingga pengajuan pinjol ilegal bisa hanya menggunakan NIK KTP saja dan penghasilan perbulan. Jika sudah berhasil dijadikan data pinjol ilegal, data pribadi sangat rentan bocor karena tidak diawasi oleh OJK.

2. Dijadikan sebagai Kontak Darurat

Ternyata jika nomor telepon tersebar bisa menjadi sasaran kontak darurat orang tidak bertanggung jawab. Bukan hanya orang yang tidak dikenal, terkadang orang terdekat pun bisa melakukan hal tersebut tanpa izin hingga membuat pusing pemilik nomor.

BACA JUGA: 11+ Pinjol yang Punya DC Lapangan, Jangan Coba-Coba Galbay Atau Berujung Ancaman (Dobel)

3. Dijadikan untuk data penipuan

Jika data pribadi tidak disimpan dengan baik banyak oknum nakal memanfaatkan hal tersebut untuk penipuan. Bahkan bisa menggunakan nomor telepon atau sekedar foto saja untuk mendapatkan uang yang diinginkan dengan tulisan yang meyakinkan.

Jika sudah mengetahui apa saja kerugian saat data pribadi tersebar, coba cek bagaimana cara mengetahui jika data tersebar. Berikut ini caranya agar bisa mengantisipasi bahaya dari kebocoran data yang sampai saat ini masih menjadi masalah di sekitar.

Tanda data pribadi bocor

Ternyata terdapat 3 tanda data pribadi disadap dan digunakan untuk keuntungan perorangan. Sehingga bisa membuat rugi pemilik data karena terdapat bahaya di dalamnya dan bisa berdampak jangka panjang, berikut ini tanda yang harus diwaspadai:

1. Mendapat Telepon Tidak Dikenal

Sering mendapat telepon dari orang yang tidak dikenal bisa menjadi tanda bahwa data pribadi sudah tersebar. Hal ini bisa berulang dan jangka panjang, tidak jarang mereka akan menelepon untuk melakukan hipnotis agar bisa merampas uang.

2. Mendapatkan Chat Link atau Promosi

BACA JUGA: 11+ Pinjol Paling Kasar Saat Menagih Hutang, Jangan Coba-Coba Galbay Bisa Berujung Ancaman

Sumber: