Jembatan Kali Erang Cilongok Tegal Longsor, Akses Vital 3 Kecamatan Terancam Putus

Jembatan Kali Erang Cilongok Tegal Longsor, Akses Vital 3 Kecamatan Terancam Putus

LONGSOR - Kondisi Jembatan Kali Erang Cilongok Tegal yang longsor berada di wilayah Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

Hal senada disampaikan Mubin, 42 tahun warga Desa Cilongok Kecamatan Balapulang. Dia menuturkan, ketika desanya diguyur hujan deras beberapa waktu lalu, tebing di sebelah kanan Jembatan Kali Erang itu mengalami erosi. Termasuk juga pondasi jembatan tersebut.

BACA JUGA: Tol Bali Mandara Macet Horor, Jembatan Penghubung Jawa Bali Kembali Disebut-sebut Banyak Orang

Menurutnya, jika jembatan itu tidak secepatnya diperbaiki, maka bisa ambruk. Sebagian warga di tiga kecamatan tentunya akan kesulitan beraktifitas. Kendati masih ada jalan alternatif, tapi jaraknya sangat jauh. 

"Jembatan ini harus segera diperbaiki. Jangan dibiarkan begitu saja. Kasihan warga yang akan beraktifitas. Karena jembatan itu merupakan akses vital bagi warga di tiga kecamatan," ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Tegal Teguh Dwijanto Raharjo melalui Kabid Jembatan dan Jalan Sudarso membenarkan jika pondasi Jembatan Kali Erang Cilongok Tegal longsor beberapa hari yang lalu.

Selain karena usia jembatan yang sudah tua, penyebab longsor itu karena diterjang aliran Kali Erang yang sangat deras.

BACA JUGA: Jembatan Penghubung Jawa Bali Tak Mungkin Ada, Jika Dibangun Ini yang Akan Terjadi di Pulau Dewata

"Jembatan itu memang sudah tua. Sepertinya dibangun saat jaman Belanda," kata Darso.

Dia menjelaskan, panjang atau bentangan Jembatan Kali Erang Cilongok Tegal yang longsor sekitar 41,5 meter. Sedangkan lebarnya hanya 3,2 meter dan tinggi abutmen 13 meter.

Sementara tebing jembatan yang longsor panjangnya sekitar 25 meter, lebarnya 12 meter dan tingginya 11 meter. Sejauh ini, lanjut Darso, Pemkab Tegal sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2,8 miliar untuk memperbaiki jembatan tersebut.

Selain itu, DPUPR juga sudah menganggarkan untuk pemeliharaan rutin jembatan tersebut sebesar Rp200 juta di 2024 ini. Namun walaupun sudah dianggarkan, Darso mengira tidak akan cukup. 

BACA JUGA: Kisah Para Penyapu Koin di Jembatan Sungai Sewo Indramayu, Bisa Kaya Mendadak?

"Karena idealnya, anggarannya sekitar Rp10 miliar. Sehingga bisa dirombak total jembatannya," ujarnya. 

Demikian informasi terkait Jembatan Kali Erang Cilongok Tegal yang longsor. Semoga hal ini segera mendapatkan penanganan. (*) 

Sumber: