Wajib Tahu! Begini Cara Merawat AC agar Awet dan Selalu Sejuk, Jangan Nunggu Rusak ya

Wajib Tahu! Begini Cara Merawat AC agar Awet dan Selalu Sejuk, Jangan Nunggu Rusak ya

Wajib Tau! Begini Cara Merawat AC agar Awet dan Selalu Sejuk, Jangan Nunggu Rusak Dulu --

RADAR TEGAL- Air Conditioner  alias AC adalah perangkat yang sangat penting dalam memberikan kenyamanan di lingkungan yang beriklim tropis. Agar AC tetap awet dan berfungsi dengan optimal, diperlukan pemahaman cara merawat AC agar awet. 

Bagi Anda pengguna AC, wajib mengetahui bagaimana cara merawat AC agar awet. Sehingga umur pakai AC akan lebih lama dan berfungsi dengan baik dan tetap sejuk  menciptakan lingkungan yang nyaman untuk kegiatan sehari-hari.

Pengetahuan cara merawat AC agar awet tentunya sangat dibutuhkan sebagai sarana menghemat budget. Perawatan preventif dapat mencegah masalah kecil menjadi besar.

Dengan memperhatikan tanda-tanda kerusakan atau permasalahan pada AC dan menanggulanginya secara cepat, Anda dapat menghindari biaya perbaikan yang besar di masa depan. Lantas bagaimana cara merawat AC agar awet yang perlu Anda aplikasikan secara teratur? Berikut ulasannya.

BACA JUGA: Daftar AC 2 PK Paling Murah di Tahun 2024, Harga Miring Tapi Kualitasnya Ga Bikin Pening

1. Tentukan Kebutuhan Ruang dengan PK AC

Sebelum membeli AC baru, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan ruangan Anda. PK (Paard Kracht) adalah ukuran tenaga yang dimiliki oleh AC. Semakin besar PK, semakin besar kemampuan pendinginan AC tersebut.

Penting untuk menyesuaikan PK AC dengan luas ruangan Anda. Jika PK terlalu kecil untuk ruangan yang besar, AC akan bekerja lebih keras dan konsumsi energi akan meningkat.

Sebaliknya, jika PK terlalu besar untuk ruangan yang kecil, AC mungkin tidak efisien dalam penggunaan energi. Konsultasikan dengan ahli AC untuk menentukan PK yang tepat untuk ruangan Anda. Hal ini termasuk dalam cara merawat AC agar awet yang pertama.

2. Jangan Tetapkan Suhu AC Di Bawah 22° C

Cara merawat AC agar awet berikutnya adalah terkait temperatur suhu. Meskipun mungkin menggoda untuk mengatur suhu AC serendah mungkin agar ruangan cepat dingin, hal ini sebenarnya dapat merusak kompresor AC dan mengurangi umur AC Anda.

BACA JUGA: 3 Daftar Pilihan dan Harga AC Daikin 1/2 PK, Pendingin Ruangan Low Budget yang Dinginnya Maksimal

Sistem kerja AC adalah dengan menyesuaikan suhu ruangan sesuai dengan pengaturan pada termostat. Begitu suhu yang diinginkan tercapai, kompresor AC akan berhenti bekerja untuk sementara waktu.

Sumber: