3 Desa di Brebes Gelar Pilkades Pergantian Antar Waktu, Ini Hasilnya

3 Desa di Brebes Gelar Pilkades Pergantian Antar Waktu, Ini Hasilnya

Sidakaton Kecamatan Tanjung, salah satu desa yang gelar pilkades PAW 2024--

RADAR TEGAL - Sebanyak tiga desa di Kabupaten Brebes kembali menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pengganti Antar Waktu (PAW). Ketiga desa tersebut yakni Desa Sidakaton, Kecamatan Tanjung, Desa Sigambir, Kecamatan Brebes dan Desa Pamulihan, Kecamatan Larangan.

Sebelumnya, ada empat desa di Brebes yang juga menggelar Pilkades PAW. Bahkan keempat kades terpilih sudah dilantik oleh Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar beberapa waku lalu.

4 desa di Brebes yang telah gelar Pilkades PAW dan Kepala Desanya telah dilantik yakni Amin Kariri Desa Bulakamba, Rastam Desa Pakujati, Darto Desa Wanatirta, dan Abdul Kholiq Desa Tembongraja. Mereka menggantikan kepala desa sebelumnya yang tidak bisa menyelesaikan masa jabatannya.

Kabid Pemerintahan Desa Dinpermades Kabupaten Brebes Hengky Oxtovianto P mengatakan, ada tiga desa yang selesai gelar Pilakdes PAW. Sehingga, total ada 7 desa yang telah melaksanakannya.

BACA JUGA: 4 Desa Laksanakan Pilkades PAW, 8 Lainnya Segera Menyusul

"Iya total saat ini sudah ada 7 yang melaksanakan Pilkades PAW. Empat sudah dilantik, tiga lainnya menyusul," ujarnya, Rabu 7 Februari 2024.

Sebelumnya, saat melantik kades teroilih di Pilkades PAW beberapa waktu lalu Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar menyampaikan, kepala desa harus memperhatikan arah kebijakan prioritas pembangunan daerah. Seperti pengentasan kemiskinan ekstrem, percepatan penurunan stunting serta peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Kita juga punya program bersama Forkopimda yakni program Jaga Desa bersama Kejaksaan, untuk mengawal Dana Desa, ada pendampingan, jika salah akan dibantu diluruskan," terangnya.

Pilkades PAW diatur dalam Peraturan Bupati Brebes 87/2022. Itu adalah kegiatan yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Brebes sampai dengan tahapan pelantikan.

BACA JUGA: Sempat Gaduh, Pilkades PAW Banjarturi Kabupaten Tegal Dipastikan Bakal Seperti Ini

Hengky menyebutkan, total ada 12 desa di Kabupaten Brebes bakal menggelar pemilihan kepala desa antarwaktu (Pilkades PAW). Kedua belas desa yang tersebar di sembilan kecamatan tersebut saat ini dijabat oleh Pj Kades.

Pilkades ini digelar dengan berbagai alasan, di antaranya kepala desa meninggal dunia, mencalonkan diri sebagai caleg, hingga terjerat kasus korupsi. Dia merinci, untuk desa yang menggelar Pilkades PAWdi antaranya Desa Pakujati Kecamatan Paguyangan (kades terjerat kasus korupsi), Wanatirta Kecamatan Paguyangan (kades meninggal dunia) dan Tembongreja Kecamatan Salem (kades nyaleg).

Selanjutnya, Desa Blandongan dan Banjarharjo Kecamatan Banjarharjo (kades nyaleg), Desa Dawuhan Kecamatan Sirampog (kades nyaleg), Sigambir Kecamatan Brebes (kades meninggal dunia) dan  Bulakamba (kades meninggal dunia). Selain itu, juga Desa Sidakaton Kecamatan Tanjung (kades meninggal dunia), Blubuk Kecamatan Losari (kades meninggal dunia), Karangbale dan Kedungbokor Kecamatan Larangan (kades mengundurkan diri).

Demikian berita tentang 3 desa di Brebes gelar Pilkades PAW tahun 2024. Dengan demikian total sudah ada 7 desa yang menyelenggarakannya. (*)

Sumber: