Simulasi Pemungutan Suara di Kabupaten Tegal, Warga Mengaku Kesulitan Lipat Kembali Suratnya

Simulasi Pemungutan Suara di Kabupaten Tegal, Warga Mengaku Kesulitan Lipat Kembali Suratnya

SIMULASI- Simulasi pemungutan suara di Kabupaten Tegal 2024 mengungkap banyaknya warga yang kesulitan melipat kembali kertas surat suara.-Istimewa-radartegal.disway.id

BACA JUGA: Uji Coba Waktu, Simulasi Pemungutan Suara Digelar KPU Kabupaten Tegal di Kampus IBN

Pada pelaksanaan pemilu tanggal 14 Febriari nanti akan ada lima surat suara yang akan diberikan petugas dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk dicoblos warga pemilih, yaitu surat suara presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi Jawa Tengah, DPRD Kabupaten Tegal.

Dari hasil pantauannya, estimasi waktu ideal yang diperlukan warga saat mencoblos di bilik TPS sekitar empat hingga lima menit. Sedangkan untuk warga lansia diperlukan waktu enam hingga tujuh menit. Terkait adanya kesulitan yang mengalami kesulitan saat melipat kembali surat suara, warga bisa meminta bantuan petugas KPPS untuk membantu melipatnya.

“Dengan adanya simulasi ini, kami berharap penyelenggaraan pemilu 2024 berjalan lancar, sukses tanpa ekses. Dan yang tidak kalah pentingnya, partisipasi masyarakat pada pemilu semakin meningkat,” ungkapnya di sela simulasi pemungutan suara di Kabupaten Tegal. (*)

Sumber: