1.645 Jiwa Korban Banjir di Margasari Tegal Dapat Bantuan, Sungai Kumisik Dituding Jadi Penyebab

1.645 Jiwa Korban Banjir di Margasari Tegal Dapat Bantuan, Sungai Kumisik Dituding Jadi Penyebab

BANTUAN - Pj Bupati Tegal Agustyarsyah menyalurkan bantuan kepada korban banjir di Margasari, Tegal, Senin 5 Februari 2024.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Sebanyak 1.645 jiwa korban banjir di Margasari, Tegal dapat bantuan logistik, Senin 5 Februari 2024. Bantuan tersebut diserahkan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal.

Bantuan bagi korban banjir di Margasari, Tegal diserahkan langsung oleh Pj Bupati Tegal Agustyarsyah didampingi Sekda Kabupaten Tegal Amir Makhmud, Kepala Pelaksana BPBD Elliya Hidayah dan Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo.

Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo mengatakan, jumlah korban banjir di Margasari Tegal sekitar 1.600 jiwa. Banjir disebabkan hujan deras sehingga Sungai Kumisik membludak.

"Beruntung dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa," imbuhnya di sela pemberian bantuan pada korban banjir di Margasari, Tegal.

BACA JUGA: BREAKING NEWS! 1.645 Jiwa di Margasari Tegal Terdampak Banjir

Diketahui, banjir ini telah melanda 3 desa di wilayah Kecamatan Margasari. Ketiga desa itu yakni, Desa Prupuk Utara, Desa Kaligayam dan Desa Pakulaut. Sebanyak 1.645 jiwa terdampak banjir di wilayah tersebut. 

Adapun, penyebab banjir ini berasal dari luapan Sungai Kumisik saat wilayah Kecamatan Margasari dilanda hujan deras pada Minggu 4 Februari 2024.

Menurut Kalak BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah, Sungai Kumisik memang kerap meluap setiap musim hujan. Karenanya, sungai yang merupakan kewenangan dari BBWS itu harus segera dinormalisasi.

"Termasuk di lekukan sungai harus dibronjong, supaya bantaran sungai tidak longsor," ujarnya.

BACA JUGA: Bencana Alam di Tegal, 3 Desa Masing-masing Alami Banjir Lumpur, Tanah Bergerak dan Longsor

Sementara, Pj Bupati Tegal Agustyarsyah meminta kepada masyarakat agar rajin melaksanakan kerja bakti. Drainase di sekitar rumah harus rutin dibersihkan supaya air dapat mengalir lancar.

"Saya minta BPBD agar koordinasi dengan BBWS supaya ada solusinya. Sehingga banjir dapat dihentikan," ucapnya usai menyalurkan bantuan kepada korban banjir di Margasari, Tegal. (*)

Sumber: