Perbedaan AC Split dan AC Central Berikut Kelebihan dan Kekuarangannya, Pilih Sesuai Kebutuhan

Perbedaan AC Split dan AC Central Berikut Kelebihan dan Kekuarangannya, Pilih Sesuai Kebutuhan

PILIHAN - Perbedaan Antara AC Split dan AC Central--(sumber foto pinterest)

RADAR TEGAL - AC tidak hanya dapat dibedakan dari jenis kapasitas pendinginnya saja, melainkan juga dapat dibedakan dari bentuk AC. Sehubungan dengan hal ini maka terdapat perbedaan antara AC split dan AC central.

Perbedaan mendasar selain bentuk dari kedua AC tersebut. Perbedaan antara AC split dan AC central juga dapat terlihat dari peletakan temapt antara kedua AC tersebut.

Di mana untuk AC split yang diletakkan atau dipasang pada dinding ruangan, sedangkan AC central yang peletakkannya pada atap ruangan di tengah. Itulah perbedaan antara AC split dan AC central berdasarkan tempat pemasangan.

Selain kedua perbedaan ini, lebih lanjut mengenai perbedaan antara AC split dan AC central dapat disimak si bawah ini hingga selesai. Dengan begitu Anda dapat menyesuaikan kebutuhan AC pada ruangan, mana yang lebih tepat?

Perbandingan spesifikasi AC split dan central

1. AC Split

AC split adalah salah satu jenis AC yang paling sering atau banyak digunakan untuk hunian maupun kantor. Dengan dua komponen utama yaitu unit indoor dan unit outdoor.

BACA JUGA: 4 Perbedaan AC Split dan Inverter, Mana yang Lebih Mahal?

Unit indoor yang berfungsi untuk mendinginkan ruangan. Sementara unit outdoor yang berfungsi untuk membuang panas sebab itu unit ini berada di luar ruangan.

Dengan ukuran unit indoor yang tidak terlalu besar, sehingga meski diletakkan di dinding. AC split ini tidak memakan ruangan begitu banyak, dan membuat ruangan tetap terlihat luas. 

Perbedaan antara AC split dan AC central yang dapat dilihat dari masing-masing kelebihan pada kedua AC tersebut. Berikut kelebihan AC split: 

  • Harga yang relatif murah apabila dibandingkan dengan jenis AC central. Sebab AC split memiliki target konsumen hunian atau kantor yang cenderung kecil, jadinya AC split terkenal akan harganya yang jauh lebih hemat.
  • Perawatan mudah dan bisa dilakukannya pembersihan mandiri secara manual. Salah satu kelebihan yang paling baik dari AC split ini adalah kemudahannya dalam hal perawatan.
  • Mesin pendingin yang lebih cepat mendinginkan ruangan, sebab desain AC yang ditujukan untuk ruangan yang relatif kecil.
  • Mudah dibeli di berbagai tempat. AC split lebih umum dibandingkan AC lainnya sehingga ini bisa jadi kelebihan yang baik bagi anda.

Selain kelebihan, tentunya AC split juga memiliki kekurangan. Di antaranya:

  • Selain kelebihan atas kemudahan dalam mengatur suhu dan menonaktifkan atau mengaktifkan AC split. Maka terdapat kekurangan, yang mana akibatnya hal tersebut mempengaruhi biaya listrik yang harus dibayarkan. 
  • Meski penempatan yang cukup strategis yaitu di dingding, namun hal ini menjadi cukup berpengaruh dengan estetika ruangan. Di mana menjadi kurang bagus untuk dilihat.

BACA JUGA: Perbedaan AC Split dan Inverter yang Wajib Diketahui, Pilih Mana yang Sehat untuk Rumah Anda

Sumber: