Cara Membersihkan AC Portable agar Tetap Berfungsi Optimal dan Tidak Cepat Rusak, Nomor 6 Sering Dilupakan

Cara Membersihkan AC Portable agar Tetap Berfungsi Optimal dan Tidak Cepat Rusak, Nomor 6 Sering Dilupakan

Cara Membersihkan AC Portable Agar Tetap Berfungsi Optimal dan Tidak Cepat Rusak, Nomor 6 Sering Dilupakan --

Kamu bisa membuka AC hingga kumparan kondesornya terlihat dan diperlukan obeng untuk membongkarnya. Sebelum membongkarnya, pastikan jika saluran listrik sudah tercabut dan selang pembuangan sudah dilepaskan.

Kamu juga harus memperhatikan letak sekrup yang dilepas. Agar nantinya tidak bingung ketika akan memasang kembali.

3. Membersihkan Debu Pada Kumparan Evaporator

Debu yang ada pada kumparan evaporator perlu untuk dibersihkan dengan menggunakan sikat kecil. Kamu juga bisa menggunakan kain lembut yang sudah dibasahi dengan hidrogen preoksida 3 persen dan biarkan bagian evaporator kering.

4. Bersihkan Debu Pada Kumparan Kondensor

Cara membersihkan AC portable selanjutnya yaitu dengan membersihkan debu pada bagian kumparan kondensor dengan menggunakan penyedot debu dan sikat agar semua kotoran hilang. Kamu perlu hati-hati ketika membersihkan bagian ini agar tidak merusak yang lain.

BACA JUGA: 4 Merk AC Terbaik yang Sehat untuk Tubuh, Pendingin Ruangan Pengusir Virus Nackal

5. Bersihkan Tangki Air

Cara selanjutnya yaitu dengan membersihkan tangki air menggunakan hidrogen peroksida untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri. Setelah itu bisa bilas dengan menggunakan air mengalir dan keringkan bagian dalam serta luar tangki.

6. Membersihkan Baki Tetes dan Selang Pembuangan

Kamu juga perlu untuk membersihkan baki tetes dan selang pembuangan dengan melepas penyumbat saluran pembuangan dan biarkan airnya menetes. Bersihkan wadah pembuangan dengan menggunakan sedikit sabun dan air hangat kemudian seka menggunakan larutan disinfektan pada wadah dangkal.

Setelah itu cabut selang dan alirkan air melalui selang tersebut untuk membersihkan debu dan kotoran di dalam selang. Setelahnya biarkan selang kering sepenuhnya.

7. Satukan Semua Unit

Jika semua bagian sudah dibersihkan maka proses terakhir yang diperlukan yaitu menyatukan semua unit. Pasang wadah dan kencangkan sekrupnya lalu pasang juga filter AC portable sesuai dengan tempatnya.

BACA JUGA: Rahasia Cara Merawat AC Awet Seumur Hidup, Nomor 3 Malah Sering Diabaikan

Sumber: