Rahasia Cara Merawat AC Awet Seumur Hidup, Nomor 3 Malah Sering Diabaikan

Rahasia Cara Merawat AC Awet Seumur Hidup, Nomor 3 Malah Sering Diabaikan

Cara merawat AC awet seumur hidup--

RADAR TEGAL - Kita akan membahas cara merawat AC awet seumur hidup, ulasan yang menarik dan disayangkan jika dilewatkan. Akan tetapi, kita akan membicarakan tentang AC itu sendiri.

AC menjadi primadona di tengah teriknya musim panas. Kesejukannya bagaikan oase yang membuat kita betah berlama-lama di dalam ruangan. Tapi, banyak yang tidak tahu cara merawat AC awet seumur hidup.

Seperti yang kita tahu, seiring waktu, performanya bisa menurun dan AC pun tak lagi sedingin dulu. Jika dibiarkan, AC bisa rusak dan membutuhkan biaya besar untuk perbaikan, tips cara merawat AC awet seumur hidup sangat berguna disini. 

Jangan panik! Kita hadir sebagai penyelamat. Kami akan membantu menginformasikan tips cara merawat AC awet seumur hidup.

1. Bersihkan Filter AC secara Rutin

Filter AC adalah garda terdepan dalam memerangi debu dan kotoran. Layaknya pejuang yang tak kenal lelah, filter bekerja keras menangkap partikel-partikel halus yang berterbangan di udara.

BACA JUGA: 6 Jenis AC Portable Terbaik 2024 Harga Mulai Rp900 Ribu, Ruangan Dinginnya Maksimal dan Listrik Tetap Irit

Namun, lama kelamaan, filter pun bisa kotor dan tersumbat. Hal ini akan menghambat aliran udara, sehingga AC bekerja lebih keras dan boros energi.

Tips:

  • Bersihkan filter AC minimal 2 minggu sekali, ibarat mengganti perban luka agar penyembuhannya optimal.
  • Gunakan air sabun dan sikat yang lembut untuk membersihkan filter, layaknya merawat kain sutra yang halus.
  • Pastikan filter kering sebelum dipasang kembali, seperti memastikan baju kering sebelum dipakai.

2. Cuci Coil Evaporator dan Kondensor

Coil evaporator dan kondensor adalah komponen vital AC yang bagaikan jantung dan paru-paru. Coil evaporator bertanggung jawab untuk menyerap panas dari ruangan, layaknya jantung yang memompa darah. 

Sedangkan coil kondensor bertugas melepaskan panas ke luar ruangan, seperti paru-paru yang mengeluarkan napas. Jika coil kotor, kinerja AC akan menurun drastis, bagaikan tubuh yang terserang penyakit.

BACA JUGA: Tak Perlu Takut Boncos, 4 AC Hemat Listrik 200 Watt Ini Bisa Dipakai Setiap Hari Non Stop

Sumber: