4 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Galbay Pinjol, Dijamin Debt Collector Tidak Datang ke Rumah

4 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Galbay Pinjol, Dijamin Debt Collector Tidak Datang ke Rumah

Ilustrasi. Hal yang tidak boleh dilakukan saat galbay pinjol --

RADAR TEGAL - Kedatangan debt collector ke rumah menjadi momok yang membuat nasabah galbay (gagal bayar) merasa takut dan khawatir yang berlebih. Karenanya, Anda perlu tahu ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat galbay pinjol.

 

Hal yang tidak boleh dilakukan saat galbay pinjol ini perlu dihindari agar tidak menimbulkan masalah lebih serius. Selain itu dapat mencegah kedatangan debt collector untuk kunjungan ke rumah Anda.

 

Seperti kita ketahui kebanyakan nasabah galbay ini awalnya mampu bayar tagihan, tetapi di kemudian hari tak mampu lagi membayar utang. Dalam kondisi itu, penting untuk mengetahui beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat galbay pinjol.

 

Lalu apa saja hal yang tidak boleh dilakukan saat galbay pinjol? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

BACA JUGA: 5 Pinjol Legal OJK 2024, Bisa Cair Tanpa Verifikasi Wajah dan Bunga Rendah

Hal yang tidak boleh dilakukan saat galbay pinjol

1. Menyembunyikan Informasi

Saat Anda mengalami galbay pinjol alangkah baiknya jangan menyembunyikan atau mengabaikan informasi tentang keadaan keuangan Anda tidak akan membantu masalah. Sebaliknya, komunikasikan dengan baik dan jelaskan secara jujur, terbuka dengan pihak pinjol agar dapat membantu Anda dan menemukan solusi yang tepat.

 

2. Mengabaikan perjanjian pinjaman

 

 

Kemudian hal yang tidak boleh dilakukan saat galbay pinjol yakni jangan mengabaikan perjanjian pinjaman. Seperti kita ketahui saat Anda mengajukan pinjaman di aplikasi pinjol pastinya sudah tertera jelas syarat dan ketentuan serta jumlah pinjaman pokok, suku bunga yang mesti Anda bayarkan sesuai dengan tanggal jatuh tempo.

 

Namun jika Anda mengalami kendala keuangan yang mengakibatkan kesulitan untuk membayar tagihan harus segera hubungan pihak pinjol untuk mencari solusi bersama.

 

3. Tidak berkomunikasi dengan pemberi pinjaman

 

Komunikasi adalah kunci paling penting, jika Anda tidak dapat membayar tagihan yang sesuai dengan tanggal jatuh tempo, segera hubungi pemberi pinjaman dan jelaskan secara jujur, terbuka tentang kondisi keuangan Anda saat ini. Banyak perusahaan pinjol yang bersedia menawarkan opsi perpanjangan atau restrukturisasi.

BACA JUGA: Ancaman Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi nasabah, Ini Langkah Cepat dan Efektif Mengatasinya

4. Mengabaikan solusi alternatif

 

Lalu yang terakhir hal yang tidak boleh dilakukan saat galbay pinjol yakni Anda mengabaikan solusi alternatif. Karena beberapa perusahaan pinjol biasanya menyediakan program perpanjangan waktu pembayaran atau restrukturisasi.

 

Sebaiknya Anda jangan ragu tanyakan apakah ada opsi seperti itu yang dapat membantu menyelesaikan kewajiban pembayaran. Kemudian saat Anda berada di posisi kesulitan untuk membayar tagihan pinjol, penting untuk tetap tenang dan mengambil langkah-langkah bijak.

 

Lalu hindari melakukan tindakan yang dapat memperburuk situasi dan segera komunikasikan masalah keuangan Anda kepada pihak pinjol yang Anda pinjam. Dengan begitu dapat mencari solusi bersama dan mencegah kunjungan debt collector lapangan ke rumah.

 

Oleh karena itu alangkah baiknya prioritaskan manajemen keuangan yang bijak agar menghindari masalah finansial di masa depan. Kemudian prioritaskan terlebih dahulu untuk membayar tagihan dibandingkan membeli sesuatu yang tidak terlalu penting.

BACA JUGA: 7 Ciri Aplikasi Pinjol yang Terdeteksi Scam, Asal Install Bisa Kehilangan Data Pribadi

Sebagai informasi tambahan jika Anda masih bingung apa itu restrukturisasi? Kami akan jelaskan di sini. Jadi restrukturisasi adalah langkah perbaikan yang dilakukan dalam kegiatan perkreditan terhadap debitur yang berpotensi mengalami kesulitan untuk memenuhi seluruh kewajibannya.

 

Lalu bagaimana cara mengajukan restrukturisasi ke pihak pinjol? Berikut ini langkah- langkahnya:

 

1. Hubungi perusahaan pinjol dan sampaikan niat Anda untuk melakukan restrukturisasi pinjaman.

 

2. Siapkan dokumen yang diperlukan seperti bukti jumlah pendapatan Anda saat ini, maupun informasi tentang pinjamanmu.

 

3. Kemudian negosiasi keringanan pembayaran seperti suku bunganya diturunkan maupun memberi perpanjangan jangka waktu pembayaran.

 

4. Setujui perjanjian baru, jika Anda setuju dengan syarat dan ketentuan yang baru, Anda bisa langsung menandatangani perjanjian restrukturisasi pinjaman.

BACA JUGA: Auto Lunas, Ini 5 Cara Keluar dari Jeratan Hutang Pinjol dan Anti Dikejar DC Lapangan

Nah itulah hal yang tidak boleh dilakukan saat galbay pinjol. Semoga yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk Anda. (*)

Sumber: