7 Ciri Aplikasi Pinjol yang Terdeteksi Scam, Asal Install Bisa Kehilangan Data Pribadi

7 Ciri Aplikasi Pinjol yang Terdeteksi Scam, Asal Install Bisa Kehilangan Data Pribadi

7 ciri aplikasi pinjol yang terdeteksi scam-freepik-

RADAR TEGAL – Anda harus tahu 7 ciri aplikasi pinjol yang terdeteksi scam atau penipuan. Jika asal install aplikasinya di ponsel, maka data-data Anda rawan bisa tercuri oleh oknum nakal dibaliknya.

Ciri aplikasi pinjol yang terdeteksi scam ini penting untuk diketahui seluruh calon peminjam uang pinjaman online. Apalagi jika aplikasi tersebut belum terdaftar resmi di OJK.

Selain itu, ciri aplikasi pinjol yang terdeteksi scam ini bisa jadi antisipasi Anda untuk melindungi privasi yang ada di ponsel. Entah itu data-data pesan teks, telepon, sampai mobile banking Anda.

Berikut selengkapnya 7 ciri aplikasi pinjol yang terdeteksi scam. Pastikan Anda menyimak ciri-cirinya sampai poin terakhir.

7 ciri aplikasi pinjol yang terdeteksi scam

Tanda aplikasi pinjol penipuan ini perlu Anda ingat agar tidak asal memasangnya di ponsel. Selain data, bisa saja perangkat Anda diretas untuk kepentingan oknum tersebut.

BACA JUGA: Bisakah Menghapus Data Pinjol yang Belum Lunas? Simak Dulu Penjelasan Berikut Ini

1. Tata Letak yang Buruk

Biasanya aplikasi pinjaman online yang menyimpan scam atau phising memiliki tata letak yang buruk. Misalnya desain yang tidak rapi, ada kesalahan tata letak, gambar buram, tulisan yang tidak kompak, dan sebagainya.

Jika Anda menemukan tampilan aplikasi yang seperti ini, Anda perlu waspada. Sebab, desain aplikasi pinjol ini juga memiliki standar tertentu yang harus diikuti.

2. Nama Perusahaan dan Logo Mirip yang Asli

Tanda aplikasi pinjol penipuan berikutnya yaitu nama perusahaan dan logonya mirip dengan layanan resmi. Misalnya mereka menggunakan profil perusahaan yang mirip dengan layanan terkemuka yang memang sudah terkenal.

Anda harus pastikan dan teliti lagi profil layanan tersebut. Entah nama atau logo yang digunakan dan benar-benar mirip dengan yang resmi.

Sumber: