Resahkan Masyarakat, ODGJ dan Gelandangan di Brebes Dirazia Petugas Gabungan

Resahkan Masyarakat, ODGJ dan Gelandangan di Brebes Dirazia Petugas Gabungan

Petugas gabungan merazia PGOT di wilayah perbatasan.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Tim gabungan yang terdiri dari petugas Satpol PP Brebes dan Dinas Sosial Kabupaten Brebes melakukan razia penjaringan pengemis gelandangan dan orang terlantar (PGOT). Sedikitnya, ada 8 ODGJ dan dua gelandangan di Brebes terjaring razia tim gabungan.

Saat merazia ODGJ dan gelandangan di Brebes, para petugas menyisir wilayah perbatasan wilayah Pantura Brebes. Mulai dari Kaligangsa hingga wilayah Kecamatan Losari.

ODGJ dan Gelandangan di Brebes itu diamankan saat sedang duduk-duduk di pinggir jalan. Hingga duduk di emperan toko. 

"Kami melakukan penyisiran PGOT di sepanjang jalur Pantura kemarin. Hasilnya, ada sepuluh orang ODGJ dan Gelandangan di Brebes yang kita jaring dan kita bawa ke Kantor Dinas Sosial. Kami dapat dari wilayah Brebes, Wanasari, Tanjung, dan Losari," kata Sub Koordinator Trantibum Satpol PP Brebes, Rabu 31 Januari 2024.

BACA JUGA: Pengemis dan Gelandangan Kian Menjamur, DPRD Kota Tegal Ajukan Raperda Penanganan PMKS

Dijelaskannya, razia dimulai dari perbatasan Brebes-Tegal, tepatnya di jalan Pantura Kaligangsa. Tim gabungan menyisir jalan Pantura dari Kaligangsa hingga wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat, tepatnya di Kecamatan Losari.

Mereka diangkut dan dibawa ke Kantor Dinas Sosial Brebes untuk didata. Kemudian, mereka dibawa ke rumah singgah di Yayasan Bina Lestari Mandiri atau Kiai Mundir, Jatibarang untuk dilakukan pembinaan.

Sementara itu, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Brebes, Arif Syaefuddin mengatakan, sepuluh orang yang diamankan tersebut merupakan hasil penyisiran di sepanjang jalur Pantura. Mereka yang diamankan di sejumlah titik lokasi kemudian diberi pembinaan.

"Keberadaan mereka sangat meresagkan masyarakat. Jadi kami lakukan pembinaan," pungkasnya kepada awak media.(*)

Sumber: