Marak Bayar Kuliah Pakai Cicilan dari Pinjaman Online, Apakah Bisa BI Checking Kredit Mahasiswa Rusak?

Marak Bayar Kuliah Pakai Cicilan dari Pinjaman Online, Apakah Bisa BI Checking Kredit Mahasiswa Rusak?

Ilustrasi bayar kuliah dengan pinjaman online.--

RADAR TEGAL - Kini marak pemberitaan bayar uang kuliah pakai pinjaman online bagi mahasiswa yang kesulitan melunasi uang UKT. Kabar ini tersiar dan heboh, di Universitas ITB mengenai aplikasi pinjol yang bisa digunakan oleh mahasiswa.

Siapa sangka jika bayar uang kuliah pakai pinjaman online ini berhasil menyita perhatian masyarakat. Bahkan apakah ada resiko terkait BI Checking mahasiswa jika tergiur untuk menggunakan pinjol tersebut sebagai bantuan dana darurat.

Bayar uang kuliah pakai pinjaman online memang boleh saja dan bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk kebutuhan pembelajaran. Tapi dibalik kemudahan mengajukan pinjaman tersebut, terdapat banyak bahaya yang mengintai setiap hari.

Terlebih aplikasi pinjol bayar uang kuliah pakai pinjaman online ini jadi ternyata memiliki bunga tinggi yang mungkin bisa mempersulit mahasiswa dalam membayar uang kuliah. Hingga akhirnya kekhawatiran akan galbay pinjol pun meningkat karena biaya cicilan tersebut.

BACA JUGA: 3 Cara Agar DC Pinjol Kapok Datang ke Rumah, Pasti Kabur dan Kapok Menagih

Aplikasi pinjol tersebut adalah Danacita yang memberikan solusi untuk mahasiswa UTB yang kesulitan membayar uang UKT. Sehingga keringanan diharapkan bisa membuat mahasiswa tenang akan kesulitan pembayaran dan kebutuhan selama kuliah.

Tapi, bagian yang menyita perhatian adalah bunga cicilan yang cukup tinggi dan khawatir bahwa mahasiswa yang berhasil mengajukan bisa sulit untuk mencicilnya. Sebab untuk bayaran perbulannya berkisar kurang lebih Rp1,2 jutaan, berikut simulasinya:

  • UKT Rp 12.500.0000
  • Tenor 12 bulan mahasiswa lama
  • Bunga bulanan 1% dari jumlah UKT.
  • Bunga dikenakan sekali saja diawal 3%.
  • Setiap bulannya harus membayar tagihan Rp 1.291.667 per bulan.

BACA JUGA: Apa Itu Rekonstruksi Utang Pinjol Agar Cepat Lunas? Ini Syarat dan Kategori Ketentuannya

Dari biaya tagihan Rp1,2 jutaan tersebut membuat perhatian publik karena terlalu tinggi untuk kemampuan mahasiswa dengan bunga tersebut. Sehingga menimbulkan kekhawatiran jika mahasiswa tidak mampu membayar semua cicilan sampai selesai.

Jika keterlambatan terjadi dan harus melakukan gagal bayar, banyak resiko yang harus dihadapi mahasiswa. Bahkan salah satunya BI Checking akan rusak dan berbahaya untuk kehidupan ke depannya.

Selain BI Checking yang akan masuk kol 5 karena galbay pinjol akibat mengajukan pinjaman dengan cicilan yang tinggi. Pahami ada resiko lain jika tidak memikirkan bahaya galbay pinjol dan dampaknya di masa depan, berikut ini kerugiannya:

1. BI Checking Jelek

Resiko pertama yang harus dihadapi mahasiswa jika bayar kuliah pakai pinjol adalah BI Checking jelek. Tidak semua mahasiswa akan menghadapi hal ini, terlebih jika berhasil melunasi sampai cicilan kelar semua pasti aman.

BACA JUGA: Ternyata Ini Pinjol yang Belum Punya DC Lapangan, Tidak Perlu Takut Saat Galbay

Sumber: