Sepele tapi Ini 4 Keuntungan Hapus Data Pinjol Setelah Melunasi Hutang, Privasi Aman Sentosa

Sepele tapi Ini 4 Keuntungan Hapus Data Pinjol Setelah Melunasi Hutang, Privasi Aman Sentosa

4 keuntungan hapus data pinjol setelah melunasi hutang-freepik-

Data-data yang meliputi NIK KTP, nama lengkap, alamat, nomor telepon, pekerjaan, nomor rekening, dan lainnya bersifat sensitif. Penting untuk Anda menjaga data-data ini dengan segera menghapusnya dari server pinjol.

Mengajukan penghapusan berarti Anda bisa meminimalisir adanya kebocoran data pribadi dari oknum nakal. Maka dari itu, jangan disepelekan hapus data satu ini.

2. Meminimalisir penyalahgunaan data

Keuntungan hapus data pinjol selanjutnya yaitu bisa meminimalisir potensi penyalahgunaan data. Tindakan penyalahgunaan ini ada dalam berbagai bentuk, seperti spam, penipuan, sampai untuk kebutuhan komersial tanpa izin.

Maka dari itu, jika Anda tidak ingin data-data Anda digunakan orang lain untuk kebutuhan sendiri, segera hapus data Anda dari pinjaman online. Jangan mau menanggung risikonya di kemudian hari.

BACA JUGA : Nasabah Galbay Catat Jangka Waktu Penagihan Hutang Pinjol Ilegal Berikut Ini, Jangan Panik Dulu

3. Menghindari adanya izin akses berlebihan

Penghapusan data pribadi pinjol ini sangat penting dilakukan, demi menghindari adanya izin berlebihan. Saat install aplikasi pinjol pastinya ada izin akses yang diminta saat ingin menggunakannya.

Namun, izin akses pinjol legal OJK hanya meminta 3 akses, yaitu kamera, mikrofon, dan lokasi. Jika ada aplikasi pinjol yang meminta izin akses berlebihan, perlu Anda waspadai dan jika perlu jangan gunakan.

Menghapus data pinjaman online juga berarti Anda tidak perlu memberikan izin akses yang tidak penting atau berlebihan. Tindakan ini jadi lebih bisa membantu Anda mengatur atas data pribadi Anda sendiri. 

4. Meminimalisir dampak negatif

Manfaat menghapus data diri dari pinjol yaitu bisa meminimalisir potensi negatif lainnya di masa depan. Biar bagaimanapun jejak digital kemungkinan akan benar-benar sulit hilang.

BACA JUGA : 4 Urutan Hapus Data di Aplikasi Pinjol yang Benar agar Tidak Disalahgunakan Oknum Nakal

Terlebih tidak semua layanan pinjol bersedia menghapus data debiturnya yang sudah lunas. Misalnya demi kebutuhan audit atau administrasi.

Kesimpulan

Sumber: