Apresiasi Kinerja BPBD, Pj Bupati Tegal: OPD Paling Bersih dan Nyaman

Apresiasi Kinerja BPBD, Pj Bupati Tegal: OPD Paling Bersih dan Nyaman

KUNJUNGI - Plt Bupati Tegal kunjungi di kantor BPBD.--

RADAR TEGAL - Pj Bupati Agustyarsyah S.SIT SH, MP melakukan kunjungan kerja ke kantor BPBD Kabupaten Tegal, Kamis 25 Januari 2024. Pada kesempatan itu, dirinya mengapresiasi diberikan Pj Bupati Tegal Dr saat.

Menurut Pj Bupati, pihaknya menilai BPBD merupakan OPD paling bersih dan nyaman. Meskipun banyak disibukkan dengan masalah kemanusiaan dan mengatasi bencana.

Kalak BPBD, Elliya Hidayah SIP MM menyatakan Pj Bupati menegaskan BPBD merupakan OPD terpenting dalam mengatasi kebencanaan yang tidak pernah bisa terprediksi. Di sinilah SDM dituntut harus mendapatkan perhatian yang komperhensip.

"Baik SDM Satgas atau Tim Reaksi Cepat, maupun peralatan dan kelayakannya yang dibutuhkan dalam menunjang kinerja di lapangan. Termasuk kendaraan operasional yang digunakan untuk menanganan bencana," ujarnya.

BACA JUGA: BPBD Kabupaten Tegal Inisiasi Pembentukan Forum Pengurangan Resiko Bencana

Menurut Elliya, dalam kunjungannya Pj Bupati yang didampingi sekda dan Asisten, melihat semua ruang dan sarana pendukung yang dimiliki BPBD. Dalam kunjungan tersebut, Elliya menyampaikan terkait optimalisasi Pusdalops, yang saat ini menjadi pintu masuk pelaporamn bencana di wilayah Kabupaten Tegal. 

"Dari Pusdalops inilah yang selama ini membantu percepatan penanganan bencana. Kami juga mengakui masih ditemukan kendala terkain penanganan kejadian yang berhadapan dengan pihak lain,"tandasnya.

Kendala itu, kata Elliya, seperti saat insiden robohnya tebing sungai dan normalisasi sungai yang saat ini dirasa paling sulit. Pada akhirnya yang bisa dilakukan adalah swadaya dengan menggerakkan unsur TNI dan Polri bersama masyarakat sekitar. 

"Kami berharap perlu duduk bersama. Untuk menentukan mekanisme penyelesaian bencana yang ditangai pihak lain,"jelasnya.

BACA JUGA: Kereen! Linmas Kudaile Digembleng Soal Penanggulangan Bencana oleh BPBD Kabupaten Tegal

Menurut Elliya, Pj Bupati Tegal menilai dengan pengelolaan kenyamanan kantor yang dilakukan BPBD akan membuat publik merasakan ketenangan. Serta bagi penghuni kantor juga lebih nyaman dalam melayani kebencanaan. (*) 

Sumber: