Teror Modus Penipuan Pinjol Ilegal Kian Marak, Begini Cara Mengenali dan Menghindarinya

Teror Modus Penipuan Pinjol Ilegal Kian Marak, Begini Cara Mengenali dan Menghindarinya

Maraknya Modus Penipuan Pinjol Ilegal Kian Meneror Masyarakat, Begini Cara Mengenali dan Menghindarinya-ekonomi-radar tegal

RADAR TEGAL - Modus penipuan pinjol ilegal semakin merajalela, mengancam keamanan finansial kita. Dalam lanskap digital, nasib korbannya tidak hanya mengancam dompet, tetapi juga reputasi dan mental.

Dalam menjaga keuangan pribadi, perlu waspada terhadap modus penipuan pinjol ilegal yang semakin canggih. Mengenali pola dan tanda-tanda dapat menjadi langkah awal untuk melindungi diri dari risiko finansial yang tak terduga.

Keberadaan modus penipuan pinjol ilegal menuntut kita untuk lebih bijak dalam bertransaksi secara online. Mengetahui cara menghindari jebakan dan melaporkan aktivitas mencurigakan adalah kunci untuk menjaga keuangan dan privasi kita.

Sebagai konsumen cerdas, kita memiliki peran penting dalam mengatasi maraknya modus penipuan pinjol ilegal. Dengan meningkatkan literasi keuangan dan berbagi informasi, kita dapat membentuk komunitas yang lebih aman dan terlindungi secara bersama-sama.

BACA JUGA: Penyalahgunaan Data Pribadi untuk Pinjol Bisa Dicek, Yukk Periksa Apakah KTPmu Dipakai Orang Lain atau Tidak

Mengenali Modus Tipuan Pinjaman Online

Modus penipuan pinjaman online (pinjol) ilegal semakin marak belakangan ini. Hal ini tidak terlepas dari semakin tingginya minat masyarakat untuk mengajukan pinjaman online.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jumlah pengaduan masyarakat terkait pinjol ilegal mencapai 12.800 kasus pada tahun 2022. Modus penipuan pinjol ilegal pun semakin beragam dan canggih.

Pelaku pinjol ilegal sering kali memanfaatkan situasi dan kondisi korban yang sedang membutuhkan dana mendesak. Berikut adalah beberapa modus penipuan pinjol ilegal yang perlu Anda ketahui:

1. Penawaran pinjaman melalui SMS/WhatsApp

Modus penipuan ini merupakan modus yang paling umum dilakukan oleh pinjol ilegal. Pelaku akan mengirimkan SMS atau WhatsApp berisi penawaran pinjaman dengan bunga rendah dan tenor yang panjang. Penawaran tersebut biasanya disertai dengan tautan atau nomor telepon yang dapat dihubungi oleh korban.

BACA JUGA: Pidana 6 Tahun Bagi DC Pinjol yang Hina Nasabahnya, Jika Bertemu Segera Laporkan ke Pihak Berwenang

2. Mereplikasi nama pinjol legal

Modus penipuan ini dilakukan dengan menggunakan nama atau logo yang mirip dengan pinjol legal. Hal ini dilakukan untuk mengelabui korban agar mengira bahwa pinjol tersebut merupakan pinjol legal.

Sumber: