Lengkapi Dokumen Pendaftaran KUR Mandiri 2024, Bisa Pinjam Rp5 Juta dengan Cicilan Hanya 152 Ribu

Lengkapi Dokumen Pendaftaran KUR Mandiri 2024, Bisa Pinjam Rp5 Juta dengan Cicilan Hanya 152 Ribu

Dokumen Syarat Program KUR Mandiri 2024, Pinjaman Rp 5 Juta Cicilan Rp 152 Ribu--

RADAR TEGAL - Jika kamu merupakan pelaku usaha dalam kategori Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM dan ingin mengembangkan bisnis namun kekurangan modal. Program KUR Bank Mandiri 2024 bisa menjadi solusi yang tepat.

Program KUR Bank Mandiri 2024 merupakan inisiatif pemerintah yang ditujukan untuk mendukung pelaku UMKM. Dalam program ini, kamu dapat meminjam hingga ratusan juta rupiah.

Pinjaman program KUR Mandiri 2024 yang sering diminati adalah dengan nominal Rp5 juta, Rp50 juta, hingga Rp100 juta. Cicilan terendah untuk pinjaman Rp5 juta dalam jangka waktu 48 bulan adalah Rp152 ribu per bulan.

Sementara itu, untuk pinjaman Rp100 juta, cicilan bulanan hanya sekitar Rp1,9 juta dalam jangka waktu 5 tahun. Tentunya dengan cicilan yang terjangkau, program KUR Mandiri 2024 ini bisa sangat membantu para pemilik UMKM.

BACA JUGA: Pinjaman KUR Mandiri 2024 Limit Mencapai Rp10 Juta dengan Cicilan Mulai dari Rp860 Ribuan, Cek Syaratnya

Dokumen persyaratan mendapatkan pinjaman tanpa agunan

Menurut Peraturan Menteri Koordinator nomor 1 yang mengatur tentang KUR 2023.  Suku bunga yang dikenakan kepada calon debitur adalah sebesar 6 persen efektif per tahun untuk pinjaman Rp 100 juta.

Jika kamu sudah pernah mengajukan KUR Mandiri pada tahun 2023, pinjaman berikutnya akan dikenakan bunga sebesar 7 persen efektif per tahun. Namun, jika kamu mengajukan pinjaman di bawah Rp 10 juta, suku bunganya juga dapat berbeda.

Informasi yang diberikan menunjukkan bahwa suku bunga yang ditawarkan oleh pihak bank untuk KUR Mandiri 2024 adalah sebesar 3 persen efektif per tahun. Untuk mengajukan KUR Mandiri 2024, kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen persyaratan seperti berikut :

  • NIB (Nomor Induk Berusaha) atau Surat Keterangan Usaha dari pemerintah desa setempat.
  • NIK (Nomor Induk Kependudukan) atau KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak): Diperlukan jika Anda mengajukan dengan limit di atas Rp 50 juta.
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga).
  • Kepesertaan BPJS TK (Jaminan Kecelakaan Kerja) - Khusus untuk KUR Kecil dan KUR Khusus dengan plafon di bawah Rp 100 juta.

BACA JUGA: UMKM Harus Tahu, Ini Simulasi Angsuran KUR BNI 2024 Limit Rp30 Juta dengan Cicilan Mulai 500 Ribu

Pastikan untuk menyiapkan semua dokumen ini dengan lengkap dan sesuai persyaratan untuk memudahkan proses pengajuan KUR Mandiri 2024. Pastikan juga kamu tidak mempunyai riwayat kredit mangkrak di Bank lain karena akan sangat berpengaruh saat pengajuan.

Jenis program KUR Mandiri 2024

1. KUR Super Mikro Mandiri

Jenis KUR Mandiri ini memungkinkan pengajuan pinjaman dengan batas kredit maksimal Rp 10 juta. Jangka waktu untuk Kredit Modal Kerja (KMK) adalah maksimal 3 tahun (36 bulan), sedangkan untuk Kredit Investasi (KI) adalah maksimal 5 tahun (60 bulan).

2. KUR Mikro Mandiri

KUR Mikro Mandiri memberikan limit kredit di atas Rp 10 juta hingga Rp 100 juta. Jangka waktu untuk KMK adalah maksimal 3 tahun (36 bulan), sementara untuk KI adalah maksimal 5 tahun (60 bulan).

3. KUR Kecil Mandiri

KUR Kecil Mandiri memiliki batas kredit lebih besar dari KUR Super Mikro, yaitu di atas Rp 100 juta sampai Rp 500 juta. Jangka waktu pinjaman untuk KMK adalah maksimal 4 tahun, sedangkan untuk KI adalah maksimal 5 tahun.

BACA JUGA: Update Info! KUR Mandiri 2024 Cicilan Mulai Rp800 Ribuan, Terjangkau Bagi Pelaku UMKM

4. KUR penempatan migran Indonesia Mandiri

KUR ini diperuntukkan bagi Penempatan Migran Indonesia (PMI) atau yang sebelumnya dikenal sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Limit pinjaman maksimal adalah Rp 100 juta dengan jangka waktu pinjaman paling lama mengikuti masa kontrak kerja di negara penempatan atau tidak melebihi 3 tahun.

5. KUR Khusus Mandiri

Program pinjaman KUR Khusus Mandiri berbeda dengan jenis KUR lainnya.  Karena prorgram pinjaman ini memberikan limit pinjaman maksimal hingga Rp 500 juta dengan ketentuan yang juga berbeda.

Nah, itulah beberapa informasi tentang program KUR Mandiri 2024 yang bisa kamu ketahui. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: