Hama Sundep Serang Tanaman Padi di Paguyangan Brebes, Petani Terpaksa Lakukan Ini

Hama Sundep Serang Tanaman Padi di Paguyangan Brebes, Petani Terpaksa Lakukan Ini

HAMA SUNDEP- Seorang petani menunjukan tanaman padinya yang terserang hama sundep menyusul kondisi belum meratanya hujan yang berlangsung saat ini.-TEGUH SUPRIYANTO-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Keluhan hama sundep serang tanaman padi menncuat di Paguyangan, Brebes. Rupanya selain gangguan hama tikus, kondisi cuaca yang berlangsung saat ini juga menyebabkan tanaman padi rawan terserang hama sundep. 

Keluhan hama sundep serang tanaman padi dikeluhkan petani Desa Kretek Kecamatan Paguyangan. Untuk mengatasi hal ini, para petani terpaksa mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli obat pembasmi hama.

Diketahui, hama sundep serang tanaman padi yang rata-rata merupakan tanaman muda. Berusia antara satu minggu hingga dua bulan. 

Jika tidak dilakukan penyemprotan secepatnya tanaman bisa mati dan mengurangi jumlah buliran gabah. Wastori, 50, petani yang menggarap sawah setengah hektare di Desa Kretek menuturkan soal hama sundep yang serang tanaman padi. 

BACA JUGA: 200 Ribu Hektar Lahan Bawang Merah di Jawa Terserang Hama Janda Pirang

Menurut pengalamannya, hama sundep memang biasa muncul terutama setelah terjadi hujan siang hari.

"Biasanya sundep akan menyerang jika terjadi hujan yang terjadi di siang hari, atau terjadi hujan dan panas bergantian," ungkapnya, Rabu 17 Januari 2023.

Dikatakannya, ciri tanaman padi yang terkena hama sundep daunnya kering dan keriting seperti terkena panas. Kondisi lain yang bisa dijadikan pertanda datangnya musim serangan sundep menurut Wastori, yakni dengan banyaknya kupu-kupu kecil yang muncul disekitar tanaman padi atau area persawahan.

"Sundep menyerang tanaman di atas umur satu minggu atau menjelang tanaman padi mulai mengisi, dipastikan petani akan mengalami kerugian besar. Sebab banyak gabah yang tidak berisi buliran," jelasnya.

BACA JUGA: Diserang Hama Janda Pirang, Harga Bawang Anjlok

Menurut Wastori, jika tanaman padi sudah pernah terserang sundep, maka akan meninggalkan ciri khusus, yang pada akhirnya yang akan membeli secara tebasan tidak akan berani menghargai dengan nilai yang tinggi.

"Karena resikonya, padi yang sudah terkena sundep hasilnya akan sedikit dan saat diolah menjadi beras yang akan didapatkan juga sedikit," sambungnya.

Waid Sanusi, koordinator Poktan Berkah Tani, membenarkan jika hama sundep serang tanaman padi. Dikatakan, pihaknya telah menerima laporan dari sejumlah petani yang mengeluhkan mulai terjadinya serangan hama sundep tersebut.

"Salah satu penyebab tanaman terserang sundep adalah kurangnya waktu istirahat bagi tanah, akibat masa tanam yang terlalu cepat," kata Waid.

Sumber: