Sepele Tapi Belum Banyak Nasabah yang Tahu, Ini 11 Alasan Pengajuan KUR BRI Ditolak Bank Penyalur

Sepele Tapi Belum Banyak Nasabah yang Tahu, Ini 11 Alasan Pengajuan KUR BRI Ditolak Bank Penyalur

Alasan Pengajuan KUR BRI Ditolak, Sepele Tapi Belum Banyak Nasabah yang Tahu--

RADAR TEGAL - Pengajuan Kredit Usaha Rakyat atau KUR dari Bank BRI merupakan langkah penting bagi para usaha kecil menengah dalam mengembangkan bisnis. Namun belum banyak nasabah KUR yang tahu alasan pengajuan KUR BRI ditolak yang sering terjadi.

Tak sedikit yang telah memulai usaha kecilnya sendiri, bermimpi untuk mengembangkan potensi bisnisnya melalui KUR BRI. Sayangnya, terdapat sejumlah fakta sepele yang seringkali diabaikan, dan menjadi alas an pengajuan KUR BRI ditolak.

Tidak heran kemudian banyak nasabah yang mendapat penolakan saat mengajukan KUR BRI tahun 2024. Maka dari itu penting bagi kamu untuk mengetahui apa saja alasan pengajuan KUR BRI ditolak yang akan dijelaskan berikut ini.

Alasan pengajuan KUR BRI ditolak

1. Belum memiliki usaha tetap saat pengajuan KUR BRI

Untuk bisa mendapatkan KUR di Bank BRI, kamu harus memiliki usaha tetap dan usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan. Artinya, bagi yang masih baru merintis usaha kurang dari setengah tahun, sebaiknya menunggu dulu sebelum mengajukan KUR.

BACA JUGA:Bikin Ringan Pelaku UMKM, Ini Simulasi Angsuran KUR BRI Pinjaman Rp40 Juta dengan Suku Bunga Rendah

2. Usaha yang Tidak Layak

Bagi yang bekerja sebagai karyawan, honorer, atau ASN non-PNS, sebaiknya memiliki usaha yang dianggap layak. Usaha yang tidak sesuai dengan kriteria layak dapat menjadi penyebab penolakan pengajuan KUR BRI.

3. Pengajuan Pinjaman Tidak Sesuai Profil Usaha

Penting untuk membuat pengajuan pinjaman KUR BRI yang sesuai dengan profil usaha yang dimiliki. Karena pengajuan yang tidak mencerminkan kebutuhan dan potensi usaha dapat menjadi alasan penolakan.

4. Penggunaan Pinjaman oleh Orang Lain atau Pihak Lain

Jika kamu mempunyai rencana akan menggunakan pinjaman untuk orang lain, seperti keluarga atau teman persiapkan diri untuk menerima penolakan. KUR BRI ditujukan untuk mendukung usaha peminjam langsung bukan orang lain.

5. Calon Nasabah yang Sudah Memiliki Usaha Layak dan Agunan

Jika calon nasabah sudah memiliki usaha yang layak dan agunan yang cukup. Kemungkinan pengajuan KUR BRI juga bisa ditolak karena program ini hanya ditujukan untuk membantu mereka yang masih dalam tahap membangun usaha.

BACA JUGA:Cara Lolos Survei KUR BRI 2024 agar Pengajuan Pinjaman Bisa Disetujui hingga Plafon Rp50 Juta

6. Calon Nasabah ASN PNS, TNI, Polri, dan Pegawai BUMN

Bagi kamu yang termasuk sebagai anggota ASN PNS, TNI, Polri, dan pegawai BUMN kemungkinan besar pengajuan KUR di Bank BRI tidak akan diterima. Karena biasanya bank menyediakan produk khusus untuk kelompok tersebut.

7. Sudah Memiliki Kredit Modal Kerja atau Investasi di Bank Lain

Jika calon nasabah sudah memiliki kredit modal kerja atau investasi di bank lain, Bank BRI juga dapat menolak pengajuan KUR untuk mencegah akumulasi hutang yang berlebihan. Biasanya Bank akan melakukan pengecekan riwayat pinjaman calon nasabah terlebih dahulu.

8. Memiliki Pinjaman dengan Subsidi Pemerintah atau Riwayat Pinjaman Konsumtif Kurang Lancar

Calon nasabah yang mempunyai pinjaman ber-subsidi pemerintah atau riwayat pinjaman konsumtif yang kurang lancar kemungkinan juga akan mendapatkan penolakan. Karena hal tersebut berpengaruh pada kemungkinan nasabah akan melakukan kesulitan membayar pinjaman selanjutnya.

9. Lingkungan Tempat Tinggal dengan Banyak Nasabah yang Macet

Lingkungan tempat tinggal yang memiliki banyak nasabah dengan riwayat tunggakan dapat menjadi alasan penolakan. Karena lingkungan yang kurang stabil dapat mempengaruhi kelancaran pembayaran.

BACA JUGA:Bikin UMKM Senang, Ini Syarat Pinjaman KUR BRI 2024 untuk Pinjaman Rp100 Juta dengan Cicilan Ringan

10. Kuota KUR Sudah Habis

Jika kuota KUR bulanan pada Mantri telah habis, pengajuannya akan dialihkan ke produk pinjaman lain seperti Pinjamanku pada Serakyat atau Kupedes Komersial. Maka dari itu sebelum melakukan pinjaman kamu harus melakukan komunikasi dengan mantra mengenai kuota KUR.

11. Kondisi Tunggakan

Jika riwayat tunggakan dan kredit macet KUR melebihi batas yang ditentukan, penyaluran KUR bahkan dapat dihentikan. Ini merupakan tindakan preventif yang dilakuan Bank untuk mengurangi risiko yang lebih besar.

Penting untuk memahami dan mempersiapkan diri sebelum mengajukan KUR BRI. Dengan mengetahui alasan pengajuan KUR BRI ditolak tersebut, diharapkan kita dapat mempersiapkan pengajuan dengan lebih baik dan meningkatkan peluang diterimanya KUR BRI. (*)

Sumber: