Ketahui 5 Tips Supaya AC Hemat Listrik, Salah Satunya Pilih AC dengan Tipe Inverter!

Ketahui 5 Tips Supaya AC Hemat Listrik, Salah Satunya Pilih AC dengan Tipe Inverter!

5 Tips Supaya AC Hemat Listrik--

RADAR TEGAL – Tahukah Anda, ternyata terdapat tips supaya AC hemat listrik yang bisa Anda terapkan di rumah, lho. Salah satunya dengan menggunakan fitur timer, mengaktifkan mode hemat energi, hingga melakukan perawatan rutin.

AC Conditioner (AC) kini menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, mengingat iklim Indonesia  yang iklim ini. Berikut ini tips supaya AC hemat listrik yang perlu Anda ketahui.

Ruangan sejuk pasti akan membuat Anda nyaman bukan. Namun, perlu Anda ingat bahwa penggunaan AC yang berlebihan atau tidak efisien juga bisa menghasilkan tagihan listrik yang tinggi serta berdampak buruk terhadap lingkungan. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai tips supaya AC hemat listrik.

Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui tips supaya AC hemat listrik. Berikut ulasannya.

BACA JUGA: Ketahui 3 Merk AC Hemat Listrik 200 Watt, Harganya Gak Bikin Kantong Tipis!

5 Tips supaya AC hemat listrik

 

1. Pilihlah AC yang Hemat  Energi

Tahukah Anda bahwa langkah pertama ketika Anda ingin supaya AC hemat listrik yakni dengan memilih jenis AC yang eifisien dalam penggunaan energi. AC dengan label Energy Star biasanya lebih efisien daripada model yang tidak mempunyai label ini.

Tidak hanya itu, pastikan juga Anda memilih AC dengan PK sesuai untuk ruangan yang akan Anda gunakan, ya. Sebab, apabila PK AC Anda terlalu besar, maka tagihan listrik bulanan Anda juga ikut membengkak.

2. Gunakan AC dengan Tipe Inverter

Tips supaya AC hemat listrik berikutnya yakni dengan menggunakan AC tipe inverter yang diklaim efektif dalam menghemat daya. AC Inverter sendiri merupakan tipe AC yang mempunyai kompresor yang bekerja dengan kecepatan rendah untuk bisa mencapai suhu yang Anda inginkan.

Jadi, ketika suhu mendekati titik angkat yang sudah Anda atur. Maka tipe AC ini akan beroperasi pada kecepatan rendah untuk menjaga suhu konstan.

BACA JUGA: Hemat Listrik dan Murah! Intip 5 Rekomendasi AC Portable Harga Dibawah 1 Juta yang Cocok untuk Anak Kos

Sehingga lebih efisien dalam menghemat energi apabila Anda bandingkan dengan Ac konvensional.

3. Gunakan Timer

Timer diketahui dapat membantu Anda menghidupkan dan mematikan AC secara otomatis pada waktu-waktu tertentu. Sehingga AC tidak harus menyala terus-menerus sepanjang hari.

Tentukan waktu saat AC perlu menyala dan saat AC harus dimatikan. Misalnya, Anda dapat mengatur AC untuk menyala secara otomatis ketika Anda tiba di rumah dari kantor pada sore hari dan mati otomatis saat tidur di malam hari.

Selain itu, perhatikan juga perubahan cuaca. Jika cuaca mendung atau lebih sejuk, Anda mungkin tidak perlu menjalankan AC sepanjang waktu. Sesuaikan jadwal timer berdasarkan perubahan cuaca.

BACA JUGA: Rekomendasi AC low Watt Terbaik 2024, Sejuk Ruangannya Tagihan Listrik Anti Bengkak

4. Atur Suhu AC yang Optimal

Tips berikutnya yang bisa Anda terapkan yakni dengan menggunakan mode pengaturan suhu yang tepat. Mengatur suhu AC pada level yang nyaman, bukan pada tingkat yang sangat rendah, ya maka bisa membantu Anda dalam menghemat energi secara  siginifikan.

Diketahui, pada saat musim kemarau suhu idealnya berkisar antara 24 C hingga 26 C. Sedangkan selama musim hujan yakni sekitar 26 C hingga 28 C.

5. Aktifkan Mode Hemat Energi AC

Tahukah Anda bahwa sebagian besar AC modern memiliki mode hemat energi yang dapat mengurangi konsumsi energi dengan cara mengoptimalkan kinerja AC untuk efisiensi maksimum. Mode ini juga disebut sebagai mode Energy Saver atau Eco Mode.

Mode hemat energi akan mengatur suhu secara otomatis ke tingkat yang lebih tinggi (pada mode pendinginan) atau lebih rendah (pada mode pemanasan) dari yang kamu tentukan. Hal ini dapat membantu mengurangi beban kerja AC.

BACA JUGA: 4 Pilihan Merk AC Duduk 1 PK Harga Murah Meriah, Cepat Dingin Namun Gak Boros Listrik

Mode hemat energi juga bisa mematikan beberapa fitur tambahan yang mungkin tidak diperlukan saat penggunaan normal. Seperti lampu indikator atau lampu latar, yang apabila dimatikan dapat membantu menghemat energi.

Demikian ulasan mengenai tips supaya ac hemat listrik. Semoga bermanfaat. (*) 

Sumber: