Besaran Bunga KUR Mandiri 2024 Lebih Murah, Yakin Ga Minat Ajukan Pinjaman Tanpa Beban?

Besaran Bunga KUR Mandiri 2024 Lebih Murah, Yakin Ga Minat Ajukan Pinjaman Tanpa Beban?

Besaran Bunga KUR Mandiri 2024 Lebih Murah, Yakin Ga Minat Ajukan Pinjaman Tanpa Beban?--

RADAR TEGAL- Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mandiri adalah salah satu solusi pembiayaan yang populer di kalangan pelaku usaha mikro dan kecil di Indonesia. Salah satu aspek yang perlu dipahami dengan baik sebelum mengajukan KUR Mandiri adalah tingkat bunga KUR Mandiri 2024  yang akan dikenakan.

Pemerintah memiliki peran dalam menentukan kebijakan bunga KUR Mandiri 2024. Kebijakan ini dapat berkaitan dengan batas maksimum tingkat bunga atau insentif untuk lembaga keuangan yang memberikan tingkat bunga rendah kepada peminjam KUR.

Tingkat bunga KUR Mandiri 2024  dapat dipengaruhi oleh beragam faktor salah satunya  risiko yang dianggap oleh lembaga penyedia KUR Mandiri. Apabila Bank melihat memiliki risiko kredit yang lebih rendah mungkin Anda juga  mendapatkan tingkat bunga yang lebih rendah.

Berikut informasi legkap seputar Bunga KUR Mandiri 2024 yang dapat membantu Anda untuk  membuat keputusan finansial yang cerdas.

BACA JUGA: Belum Genap 6 Bulan, Begini Syarat Pengajuan KUR Mandiri untuk Usaha yang Baru Buka dan Dapatkan Limit 10 Juta

Bunga KUR Mandiri tahun 2024 yang perlu kamu ketahui

1. Super Mikro

KUR Ultra Mikro Bank Mandiri merupakan produk pembiayaan yang dirancang untuk mendukung pengembangan usaha mikro, dengan plafon kredit sampai dengan Rp10 juta. Program ini menawarkan persyaratan pinjaman yang fleksibel, memungkinkan pemohon untuk memilih jangka waktu yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Untuk Kredit Modal Kerja (KMK) jangka waktu maksimal yang tersedia adalah 3 tahun, sedangkan untuk Kredit Investasi (KI) pemohon bisa mendapatkan pinjaman dengan jangka waktu hingga 5 tahun.
 
Selain itu, KUR Super Mikro Bank Mandiri hadir dengan tingkat bunga bersahabat yaitu bunga efektif 3% per tahun. Agunan utama program ini adalah usaha atau objek yang akan dibiayai, memberikan perlindungan terhadap risiko kredit.

Menariknya, calon debitur KUR Super Mikro yang usia usahanya kurang dari 6 bulan tetap bisa memperoleh pembiayaan selama memenuhi persyaratan.

BACA JUGA: Limit Pinjaman KUR Mandiri Terbaru di Tahun 2024, Ada yang Cocok untuk Pengusaha Awal Tambah Modal Rp10 Juta

2. KUR Mikro

Selanjutnya, pinjaman mikro ini memiliki limit yang lebih besar dari pinjaman super mikro. Jenis ini bisa memberikan kamu pinjaman mencapai Rp100 juta, namun dengan minimal pinjaman mulai dari Rp10 juta.

Mengenai tenor, pinjaman jenis ini memiliki tenor yang sama seperti pinjaman super mikro. Akan tetapi bunga dalam pinjaman mikro ini sudah masuk ke bunga normal pada umumnya.

Bunga KUR Mandiri 2024  yang ada pada pinjaman jenis  ini mulai dari 6% saja. Bunga ini akan terus bertambah jika kamu semakin sering meminjam KUR dengan jenis yang sama di bank Mandiri.

3. KUR Kecil

Berbeda dengan jenis sebelumnya, pinjaman kecil ini memiliki limit yang sudah tergolong tinggi. Jika kamu ingin meminjamnya kamu perlu meminjam minimal Rp100 juta.

Limit maksimal dari pinjaman jenis ini sekitar Rp500 juta. Jika kamu meminjam untuk modal usaha, maka tenor yang bisa kamu pilih maksimal di 4 tahun saja, lebih panjang dari jenis mikro dan super mikro.

BACA JUGA: Mengejutkan, Bunga KUR Mandiri 2024 Ternyata Rendah dengan Limit Pinjaman yang Cukup Tinggi

Untuk jenis ini, terdapat agunan tambahan yang perlu nasabah penuhi. Agunan yang diminta oleh bank Mandiri seperti tanah, bangunan atau kendaraan bermotor.

4. KUR untuk TKI

Jenis KUR ini cukup simpel dan tidak membutuhkan agunan apapun. Jenis ini memiliki limit yang lumayan tinggi juga.

Limit yang ada pada jenis KUR untuk TKI ini mencapai Rp100 juta. Dengan maksimal bunga sekitar 6% saja dalam satu tahun dan tidak akan bertambah ketika akan meminjam lagi.

5. KUR khusus

Pada jenis ini sebenarnya tidak ada perbedaan yang mencolok dengan jenis KUR kecil. Hanya saja, untuk KUR ini tidak ada penambahan bunga ketika kamu akan meminjam untuk kedua kali dan seterusnya.

Kamu juga harus sudah menjalankan usaha kamu minimal 6 bulan lamanya. Dengan limit maksimal untuk jenis ini maksimal Rp500 juta.

Sumber: