Tanggul Kali Babakan Brebes Bakal Dibangun, Cegah Banjir di Wilayah Ketanggungan

Tanggul Kali Babakan Brebes Bakal Dibangun, Cegah Banjir di Wilayah Ketanggungan

Pj Bupati Brebes (tengah) saat menggelar rapat kordinasi dengan Forkopimda terkait penanganan banjir di Kabupaten Brebes.(Dok. Humas Pemkab Brebes)--

RADAR TEGAL - Musibah banjir akibat luapan Kali Babakan di Kecamatan Ketanggungan Brebes kembali terjadi di awal tahun ini tepatnya pada 4 Januari 2024 lalu. Mengantisipasi hal itu, tanggul Kali Babakan Brebes bakal dibangun.

Pj Bupati Iwanuddin Iskandar beberapa waktu lalu menyampaikan soal tanggul Kali Babakan Brebes yang bakal dibangun. Pemkab Brebes telah berkoordinasi sengan pemerintah provinsi dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung (Cimancis) untuk penanganan tanggul.

Menyikapi hal itu, BBWS Cimancis akan membangun tanggul Kali Babakan Brebes dalam antisipasi banjir. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes juga sudah membebaskan tanah untuk mendukung pelaksanaan penanggulan.

"Untuk tahap pertama, batch 1 program penanganan banjir di Sungai Babakan sudah dilelangkan dan diumumkan pada 29 Desember 2023 kontruksi sama konsultannya. Insya Allah di akhir Maret sudah bisa terkontrak," ungkap pihak BBWS melalui Dwi Agus Kuncoro usai rapat kordinasi penanggulangan banjir di Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (DPSDAPR) Brebes.

BACA JUGA: Banjir Ketanggungan, Anggota DPRD Desak Normalisasi Sungai Babakan Brebes

Dwi menyampaikan, Januari-Februari ini diperkirakan akan masuk puncak musim penghujan. Karenanya, pihaknya melalui sector Ob disiapkan untuk penanggulangan dengan penanganan darurat.

Meski begitu, dia berharap, proses pekerjaan bisa berjalan lancar dalam penanganan permanen. Selain pembuatan tanggul Kali Babakan Brebes, sejumlah pompa air juga disiapkan oleh pihaknya jika terjadi banjir.

Baik pompa air portable ataupun truk pompa banjir. Selain itu, ada juga pompa air khusus yang nanti distandby-kan di daerah Ketanggungan agar cepat surut kalo ada genangan.

"Kami terus melakukan survei beberapa lokasi lain terkait adanya informasi tanggul yang tergerus untuk dilakukan penanganan darurat," jelasnya.

BACA JUGA: Pasca Banjir Limpasan Sungai Babakan, Warga di Brebes Bersihkan Lumpur yang Berada di Rumah

Selain tanggul Kali Babakan Brebes, BBWS Cimancis juga melakukan pekerjaan di wilayah Desa Kluwut, Kecamatan Bulakamba. Ada beberapa pekerjaan termasuk yang di batch 1 yang sudah dilelangkan, juga di beberapa titik Sungai Cisanggarung di sisi Brebes.

Dwi mentargetkan ada 3 batch secara bertahap penanganannya, sementara yang sudah dilelangkan batch 1 nanti ada batch 2, ada batch 3. Nah yang ada di Sungai Babakan itu, kata dia, ada di batch 1 dan batch 3.

Jadi batch 3 tadi ada kebutuhan lahan totalnya untuk lahan ada 10 hektar lebih sedikit dan ada 50 hektar untuk Dispoksal.

"Tadi udah disepakati langkah-langkah terkait untuk akuntabilitasnya dan juga penyelesaian percepatan untuk pembesar lahannya," pungkasnya.

Sumber: