Pasca Banjir Limpasan Sungai Babakan, Warga di Brebes Bersihkan Lumpur yang Berada di Rumah

Pasca Banjir Limpasan Sungai Babakan, Warga di Brebes Bersihkan Lumpur yang Berada di Rumah

Warga yang terdampak banjir akibat limpasan Sungai Babakan mulai membersihkan lumpur, Jumat 5 Januari 2024.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Banjir limpasan Sungai Babakan terjadi di wilayah Kecamatan Ketanggungan, Kamis 4 Januari 2024. Pasca banjir itu, Jumat 5 Januari 2024 pagi masyarakat mulai membersihkan rumah dari lumpur.

Salah seorang warga Dwi sutoto sekaligus Ketua RT 07 RW 03 Desa Ketanggungan, Kecamatan Ketanggungan mengatakan, sejumlah rumah di wilayahnya terendam sejak Kamis malam. Namun, saat ini kondisinya sudah mulai surut.

"Banjir ini akibat limpasan Sungai Babakan. Yang sebelumnya hujan yang berlangsung selama 3 jam di daerah selatan daerah Gunung Kumbang," ujarnya.

Akibatnya, lanjutnya, debit air Sungai Babakan mengalami peningkatan. Sehingga, meluap dan merendam pemukiman warga serta jalan nasional.

BACA JUGA: Sungai Babakan di Brebes Meluap, Sejumlah Desa di Kecamatan Ketanggungan Terendam

"Air mulai menggenangi Desa Ketanggungan dan Karangmalang sejak pukul sembilan malam. Dan saat ini sudah mulai surut serta warga juga mulai membersihkan rumah mereka dari lumpur," jelasnya.

Bahkan, lanjutnya, semalam akibat jalan yang tergenang mogok, terutama sepeda motor, yang sengaja menerjang banjir. "Sekarang sudah surut dan warga mulai membersihkan rumah mereka dari bekas banjir," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah desa di Kecamatan Ketanggungan, Kamis 4 Januari 2024 malam terendam banjir. Hal itu menyebabkan meluapnya Sungai Babakan di wilayah Ketanggungan. Empat desa yang terendam banjir akibat meluapnya Sungai Babakan meliputi Desa Karangmalang, Dukuhturi, Padakaton dan Desa Ketanggungan.

Banjir yang datang terus mengalir ke rumah warga hingga Jumat 5 Januari 2024 dini hari pukul 00.00 WIB. Tokoh masyarakat Kecamatan Ketanggungan, Mohammad Rizki Ubaidillah mengatakan, meluapnya Sungai Babakan disebabkan posisinya sudah melebihi ketinggian Bendung Cisadap 170 sentimeter.

“Akibat meluapnya Sungai Babakan limpas udara ke rumah warga dan jalan,” ujarnya.

Demikian informasi terkait dampak meluapnya sungai Babakan di Kabupaten Brebes yang menyebabkan banjir di permukiman warga. Saat ini kondisinya mulai surut. (*)

Sumber: