Syarat Menjadi Debitur KUR BRI untuk Pinjaman KUR Mikro, KUR Kecil, dan KUR TKI

Syarat Menjadi Debitur KUR BRI untuk Pinjaman KUR Mikro, KUR Kecil, dan KUR TKI

PERHATIKAN - Syarat Menjadi Debitur KUR BRI--(sumber foto pinterest)

RADAR TEGAL - Bank Rakyat Indonesia sudah cukup lama menjadi penyedia dana untuk program KUR. Mungkin masih ada sebagian orang yang tidak mengerti apa yang menjadi syarat dari calon debitur. Sebab itu mari kita bahas syarat menjadi debitur KUR BRI.

Pada KUR BRI terdapat beberapa jenis KUR yang ditawarkan kepada calon debitur. Salah satunya ada KUR Mikro BRI yang menyediakan modal hingga Rp50 juta untuk para debitur sebagai pelaku usaha. Lalu, apa syarat menjadi debitur KUR BRI?

Syarat menjadi debitur KUR BRI di antaranya menyanggupi berbagai suku bunga yang relatif rendah' Hal ini sudah disesuaikan dengan peraturan KUR yang berlaku. Di mana ada besaran suku bunga 3% efektif per tahun. Hingga 6% sampai 9% efektif per tahun untuk jenis KUR dengan limit pinjaman mencapai Rp500 juta.

Lebih lengkap untuk bahasan syarat menjadi debitur KUR BRI dapat Anda lihat melalui artikel ini. Simak selengkapnya sampai selesai.

BACA JUGA: Tabel Angsuran KUR BCA 2024 Pinjaman 50 Juta dengan Cicilan Rendah dan Syarat Mudah

Persyaratan untuk calon debitur KUR BRI

1. KUR Mikro BRI

KUR Mikro BRI memberikan maksimum pinjaman mencapai Rp50 juta per orang. Dengan jenis jangka waktu untuk pinjaman KMK (Kredit Modal Kerja) yaitu maksimal pinjaman 3 tahun. Sedangkan untuk kredit investasi batas maksimal mencapai 5 tahun. 

Sementara penetapan besaran suku bunga mencapai 6% efektif per tahun, yang meningkat setiap tahun hingga pinjaman keempat mencapai 9% efektif per tahun. Perlu Anda ketahui bahwa KUR Mikro BRI bebas biaya administrasi. Berikut persyaratan dalam pengajuan KUR Mikro BRI, yaitu:

  • Individu (perorangan) yang melakukan usaha produktif dan layak
  • Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit
  • Persyaratan administrasi : Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha.

BACA JUGA: KUR Bank Mandiri 2024 Sebuah Pintu Emas Pinjaman Modal untuk UMKM

2. KUR Kecil BRI

KUR Kecil BRI memberikan maksimum pinjaman mencapai Rp50 juta hingga Rp500 juta per orang. Dengan jenis jangka waktu untuk pinjaman KMK yaitu maksimal pinjaman 3 tahun dan KI batas maksimal mencapai 5 tahun. Sedangkan pada peminjaman di atas Rp100 juta dibutuhkan jaminan tambahan.

Sementara penetapan besaran suku bunga mencapai 6% efektif per tahun, yang meningkat setiap tahun hingga pinjaman keempat mencapai 9% efektif per tahun. Berikut syarat menjadi debitur KUR BRI dalam KUR Kecil, yaitu:

  • Mempunyai usaha produktif dan layak
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit
  • Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan
  • Memiliki Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat ijin usaha lainnya yang dapat dipersamakan.

3. KUR TKI BRI

Sumber: