Kasus Polio di Jawa Tengah Kembali Mencuat, Anak Usia 0-7 Tahun Kini Wajib Vaksin

Kasus Polio di Jawa Tengah Kembali Mencuat, Anak Usia 0-7 Tahun Kini Wajib Vaksin

WAWANCARA - Kepala Dinkes Kabupaten Tegal, dr Ruszaeni saat diwawancara sejumlah awak media terkait kasus polio di Jawa Tengah dan vaksinasi usai acara.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Kasus polio di Jawa Tengah kembali mencuat. Karenanya, mulai 15 Januari 2024, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal mewajibkan semua anak usia 0-7 tahun untuk melakukan vaksinasi Sub Pin Polio.

Kepala Dinkes Kabupaten Tegal dr Ruszaeni SH MM membenarkan soal kasus polio di Jawa Tengah yang kembali mencuat. Hal ini disampaikan usai Pertemuan Lintas Sektor Tingkat Kabupaten Tegal dalam rangka Pelaksanaan Sub Pin Polio tahun 2024 di Pendapa Amangkurat Pemkab Tegal, Selasa 9 Januari 2023.

"Kasus polio memang mulai mencuat di Jateng. Terutama di wilayah Klaten. Termasuk di Madura sejak Desember 2023 lalu. Dan ini menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB)," kata Ruszaeni membenarkan kasus polio di Jawa Tengah dan Madura.

Sasaran vaksin di Kabupaten Tegal sebanyak 180.168 anak. Program pencegahan kasus polio di Jawa Tengah ini akan dilaksanakan mulai 15 Desember hingga 21 Januari 2024 untuk periode pertama. 

BACA JUGA: Kompak! Ganjar dan Puan Dukung Menkes Genjot Imunisasi Polio Dosis 2 IPV2

Sementara periode kedua, akan dilaksanakan mulai 19 Februari 2024.

“Nanti pelaksanaannya dilakukan di posyandu, puskesmas, pustu, sekolah dan fasilitas kesehatan lainnya,” sambungnya. 

Dia menambahkan, vaksinasi polio ini bukan disuntik, tetapi dengan cara tetes di mulut. Tiap anak akan mendapatkan dua tetes vaksin polio.

"Itu akan lebih mudah dilaksanakan, dan tidak berisiko," ujarnya.

BACA JUGA: Kereeennn, Vaksin Polio Indonesia Didaftarkan WHO untuk Penggunaan Darurat di Dunia

Dia menjelaskan, vaksinasi sub pin polio merupakan intruksi Pemerintah Pusat. Hal itu karena KLB di Klaten dan Madura, di mana seorang anak mengalami lumpuh layu.

Padahal, pasien ini sudah mengikuti vaksinasi polio yang biasanya dibarengkan dengan vaksinasi DPT. Bahkan, cakupan vaksinasi polio di Kabupaten Tegal sangat bagus. 

“Kewajiban vaksinasi sub pin polio dilaksanakan di Jateng dan Jatim. Vaksinasi ini di luar vaksinasi rutin yang dilakukan di Posyandu atau Puskesmas,” ujarnya.

Terkait dengan kasus polio di Jawa Tengah, menurut Ruszaeni, vaksinasi sub pin polio wajib bagi anak usia 0-7 tahun 11 bulan dan 29 hari. Walau anak baru vaksin, juga tetap ikut vaksinasi sub pin polio ini.

Sumber: