KUR BRI 2024 Terbaru, Mengenal Pengertian, Syarat dan Proses Pengajuan Kreditnya

KUR BRI 2024 Terbaru, Mengenal Pengertian, Syarat dan Proses Pengajuan Kreditnya

Mengenal Pengertian, Syarat dan Proses Pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI Terbaru--

Terkadang untuk bisa memperoleh kredit, Anda harus dihadapkan dengan persyaratan yang terbilang rumit. Akan tetapi Kredit Usaha Rakyat BRI berusaha mempermudah proses pengajuan KUR dengan memberikan pelayanan yang efisien dan cepat, sehingga para pelaku usaha dapat segera memperoleh akses ke modal usaha. Untuk cara pengajuannya Anda dapat membacanya pada halaman dibawah ini.

3. Jangka Waktu yang Fleksibel

KUR BRI menyediakan jangka waktu pembayaran yang fleksibel, disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan usaha para peminjam. Kredit Usaha Rakyat BRI membagi jangka waktu peminjaman menjadi 4 yakni tenor pendek, tenor menengah, tenor panjang dan terdapat juga penyesuaian tenor.

Jangka waktu Tenor Pendek berkisar antara 1 hingga 3 tahun. Sehingga ini akan cocok untuk kebutuhan modal kerja atau proyek-proyek usaha yang memerlukan pengembalian dana dalam waktu singkat.

BACA JUGA: Syarat dan Cara Mudah Ajukan KUR BRI Tanpa Jaminan, Sambil Rebahan Bisa Pinjam Hingga Rp50 juta

Kedua ada Tenor Menengah, Jangka waktu Kredit Usaha Rakyat BRI ini berkisar antara 3 hingga 5 tahun sehingga cocok untuk proyek pengembangan usaha yang membutuhkan waktu lebih lama untuk memberikan hasil atau memperluas operasional.

Bagi Anda yang membutuhkan dana yang peruntukannya untuk  proyek-proyek besar, investasi yang memerlukan waktu panjang untuk berkembang, atau ekspansi yang membutuhkan modal dalam jangka waktu yang lebih lama, Anda dapat memilih Kredit Usaha Rakyat BRI dengan tenor panjang  yang jangka waktu panjang bisa mencapai 7 tahun atau lebih.

Tak perlu khawatir, ada juga Beberapa program KUR BRI yang dapat menyesuaikan tenor berdasarkan jenis usaha dan kebutuhan peminjam. Misalnya, usaha pertanian atau perkebunan mungkin mendapatkan tenor yang lebih panjang untuk mempertimbangkan siklus tanaman.

Syarat Pengajuan KUR BRI

  1. Identitas Pribadi: Fotokopi KTP pemohon dan pasangan (jika ada).
  2. Usaha Mikro, Kecil, atau Menengah: Pemohon harus merupakan pelaku usaha mikro, kecil, atau menengah.
  3. Rekening BRI: Pemohon harus memiliki rekening di BRI.
  4. Agunan atau Jaminan: Terdapat beberapa jenis agunan atau jaminan yang dapat diajukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

BACA JUGA: Pengertian dan Syarat Pengajuan KUR BRI 2024, Pelaku UMKM Wajib Tahu!

Proses Pengajuan KUR BRI

  1. Persiapan Dokumen: Pemohon harus menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan.
  2. Kunjungan Ke Cabang BRI: Pemohon dapat mengajukan permohonan KUR dengan mengunjungi cabang BRI terdekat.
  3. Proses Verifikasi: BRI akan melakukan verifikasi dokumen dan usaha pemohon.
  4. Penandatanganan Kontrak: Setelah disetujui, pemohon akan menandatangani kontrak pinjaman.

Dengan adanya KUR BRI, diharapkan UMKM di Indonesia dapat tumbuh dan berkembang, menciptakan lapangan kerja baru, serta memberikan kontribusi positif pada perekonomian nasional. Bank Rakyat Indonesia terus berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui program-program seperti KUR ini, sebagai bentuk kepedulian terhadap sektor usaha mikro, kecil, dan menengah.

Demikian Informasi seputar KUR BRI 2024. Semoga bermanfaat (*)

Sumber: