5 Penyebab AC Tidak Dingin di Malam Hari yang Wajib Anda Ketahui, Berikut Solusi untuk Memperbaikinya

5 Penyebab AC Tidak Dingin di Malam Hari yang Wajib Anda Ketahui, Berikut Solusi untuk Memperbaikinya

Berikut ini penyebab AC tidak dingin di malam hari--

RADAR TEGAL - Jika Anda menyadari bahwa AC Anda tidak terasa dingin di malam hari ini bisa jadi ada permasalahan pada unit. Untuk mengetahui penyebab AC tidak dingin di malam hari ada nih jawabannya pada artikel ini.

 

Udara yang panas dan gerah saat tidur pasti membutuhkan AC untuk menyejukkan ruangan kamar. Namun saat tidur dengan AC tiba-tiba tidak dingin, pasti bingung apa yang jadi penyebab AC tidak dingin di malam hari.

 

Ternyata banyak yang tidak menyadari penyebab AC tidak dingin di malam hari, saat tengah dioperasionalisasikan. Karena itu, Anda harus membaca artikel ini sampai tuntas untuk mengetahuinya, sekaligus mencari cara untuk memperbaikinya. 

 

Berikut ini adalah penyebab AC tidak dingin di malam hari yang wajib Anda ketahui, sehingga bisa sesegera mungin dicarikan solusinya.

BACA JUGA: Merk AC Bagus dan Awet Terbaru di 2024, Hemat Listrik dan Mampu Bersihkan Udara dari Bakteri

1. Filter Udara Kotor

 

Pemicu pertama AC Anda tiba-tiba tidak dingin di malam hari adalah akibat filter udara yang kotor. Filter udara yang kotor atau tersumbat akan menghambat aliran udara melalui AC.

 

Hal ini dapat menyebabkan oil evaporator membeku. Untuk mencegah hal ini terjadi disarankan mengganti filter secara rutin idealnya setiap 30 atau hingga 60 hari.

 

2. Pengaturan yang Kurang Tepat

 

Selanjutnya AC tidak dingin di malam hari bisa juga terjadi karena sebagian orang tidak menyadari melakukan pengaturan yang salah saat setting pada AC. Terkadang ada yang menyalakan fungsi fan saja.

 

3. Kipas Blower Rusak

 

Kipas blower rusak juga dapat menjadi penyebabnya mengapa AC Anda tidak dingin di malam hari. Jika kipas blower pada AC tidak berfungsi dengan baik, maka tidak bisa mengalirkan udara.

 

Jika Anda menduga kipas blower rusak, penting untuk menghubungi teknisi AC profesional untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah tersebut.

BACA JUGA: 5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Cari Tahu Jawaban dan Solusi Selengkapnya di Sini

4. Kontaktor yang Macet

 

Selanjutnya karena kontaktor yang macet bisa menyebabkan AC tidak dingin di malam hari. Karena jika hal ini terjadi ketika kontaktor yang bertugas menghidupkan dan mematikan AC macet bisa menyebabkan AC tidak terasa dingin di malam hari.

 

5. Freon Bocor

 

Jika AC Anda mengalami freon bocor ini yang menyebabkan AC otomatis kehilangan kemampuannya untuk mendinginkan ruangan. Untuk mengetahui freon bocor yakni adanya terbentuk es pada pipa di unit luar AC Anda sebaiknya segera panggil teknisi untuk memperbaikinya.

 

Demikian artikel tentang penyebab AC tidak dingin tiba-tiba di malam hari, beserta solusinya. Semoga bermanfaat dan membantu. (*)

Sumber: