5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Cari Tahu Jawaban dan Solusi Selengkapnya di Sini

5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Cari Tahu Jawaban dan Solusi Selengkapnya di Sini

Ternyata ini penyebab AC mobil tidak dingin --Freepik

RADAR TEGAL - Di saat terik sinar matahari di luar panas, dan kita sedang mengendarai mobil pasti langsung menyalakan AC untuk mengusir hawa gerah. Tapi yang jadi permasalahan terkadang AC mobil tiba-tiba tidak dingin tanpa tahu penyebab pastinya.

 

Hal ini tentu menjadi salah satu yang dikeluhkan banyak orang. Mengendarai mobil dengan cuaca yang panas dengan posisi AC tidak dingin bisa menyebabkan masalah seperti tidak nyaman, sumpek, pusing karena kena paparan panas dari luar.

 

Jadi apa penyebab AC mobil tidak dingin? Cek jawaban selengkapnya di sini.

 

Untuk mengetahui apa penyebab AC mobil tidak dingin, baca terus artikel ini sampai selesai agar Anda dapat mengerti jawabannya. Di bawah ini adalah beberapa penyebab AC mobil tidak dingin yang perlu Anda ketahui.

BACA JUGA: 4 Pilihan Merk AC yang Bagus, Murah dan Gak Boros Listrik

1. Freon Bocor

 

Freon sendiri adalah salah satu komponen pada mobil yang memiliki wujud senyawa kimia dan berfungsi untuk menyerap panas dari udara. Kebocoran bisa berasal dari selang yang rusak, paking yang longgar atau hanya sambungan yang kendor.

 

Untuk mengatasi kita bisa mencari bagian mana yang bocor dan memperbaiki atau menggantinya lalu mengisi ulang sistem dengan freon.

 

2. Kompresor AC Rusak

 

Selanjutnya penyebab AC tidak dingin ialah kompresor AC rusak dan tidak berfungsi. Kompresor merupakan komponen komponen penting pada sistem pendingin udara mobil.

 

Jika kompresor rusak dapat mengakibatkan masalah seperti berkurangnya dingin atau bahkan AC  tidak dingin sama sekali. Oleh karena itu sebaiknya segera diganti dan ini bisa memakan biaya yang mahal.

BACA JUGA: Cuma 2 Jutaan 6 Merk Ac Terbaik Hemat Listrik Dengan Teknologi Ramah Lingkungan, Udara Bersih Ramah di Kantong

3. Refrigeran Tidak Memadai

 

Penyebab lainnya adalah sistem AC mobil kekurangan zat pendingin. Jika hal ini terjadi, Anda perlu menambahkan zat pendingin ke dalam sistem pendingin udara untuk memastikan menghasilkan AC yang dingin.

 

4. Filter Udara Kabin yang Kotor

 

Filter udara pada kabin yang kotor dapat menimbulkan berbagai masalah, tidak hanya AC mobil saja yang tidak dingin, namun juga rusaknya koil pendingin. 

 

5. Gas AC Bocor

 

Penyebab AC mobil tidak dingin yakni adanya kebocoran pada gas AC. Ketika terjadi kebocoran, maka gas AC pada sistem akan berkurang. Gas AC yang bocor menyebabkan kompresor tidak dapat berfungsi dengan baik.

 

Untuk mencegah hal ini terjadi Anda bisa cek terlebih dahulu dengan cara cukup gunakan kunci untuk melubangi nipel katup lalu tekan tombol ke bawah. Jika masih ada gas di dalam AC maka akan terasa gasnya keluar, namun misalnya tidak ada gas ini menandakan adanya kebocoran.

BACA JUGA: Cara Menyalakan AC Sharp lewat HP, Atur Kondisi Kelembapan Ruangan Jadi Lebih Mudah

Itulah informasi tentang beberapa penyebab AC mobil tidak dingin, agar bisa segera diketahui dan bisa diperbaiki. Semoga artikel ini bermanfaat. (*)

Sumber: