6 Penyebab Air Fryer Mengeluarkan Asap yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Terlalu Banyak Minyak

6 Penyebab Air Fryer Mengeluarkan Asap yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Terlalu Banyak Minyak

Berikut ini adalah penyebab air fryer mengeluarkan asap--

RADAR TEGAL - Air fryer saat ini merupakan alat memasak yang sangat populer digunakan karena dinilai lebih sehat dan lebih hemat karena tanpa menggunakan minyak. Namun terkadang permasalahan muncul pada air fryer yang jarang diketahui yakni penyebab air fryer mengeluarkan asap dari dalam.

Penyebab air fryer mengeluarkan asap yang jarang diketahui ini akan kami bahas pada artikel ini. Untuk mengetahuinya jangan lewatkan untuk membacanya hingga selesai.

 

Biasanya penyebab air fryer mengeluarkan asap ini karena pengguna melakukan kesalahan saat memasak dengan air fryer. Pastinya jika hal ini terjadi menimbulkan kekhawatiran.

 

Jadi berikut ini adalah penyebab air fryer mengeluarkan asap yang kami rangkum. Simak sampai akhir.

BACA JUGA: Tanda Air Fryer Perlu Diganti, Perhatikan Beberapa Hal Berikut untuk Mencegah Kerusakan Lebih Parah

Penyebab Air Fryer mengeluarkan asap 

1. Terlalu Banyak Minyak

 

Terlalu banyak minyak ini salah satu penyebab air fryer mengeluarkan asap. Hal ini terjadi karena air fryer tidak memiliki ruang yang cukup untuk bersirkulasi sehingga menimbulkan panas berlebih.

 

2. Sisa Bekas Makanan

 

Jika Anda tidak rutin membersihkan air fryer secara teratur atau setelah digunakan, sisa bekas makanan yang lama akan menumpuk seiring waktu dan mulai berasap saat air fryer dipanaskan. Hal ini karena sisa partikel makanan yang tertinggal akan mulai terbakar sehingga menimbulkan bau berasap.

 

3. Terlalu Banyak Memasukkan Makanan

 

Saat Anda memasak menggunakan air fryer dan terlalu banyak memasukkan makanan ke dalam keranjang ini dapat menyebabkan air fryer mengeluarkan asap. Hal ini dikarenakan air fryer tidak memiliki cukup ruang untuk semua makanan bersirkulasi dengan baik dan akibatnya menyebabkan panas berlebih yang nanti bisa mengeluarkan asap.

 

4. Suhu Terlalu Tinggi

 

Menyetel suhu terlalu tinggi pada air fryer dapat jadi penyebabnya alat mengeluarkan asap. Oleh karena itu disarankan untuk mengatur suhu sesuai dengan jenis makanan yang akan dimasak menggunakan air fryer.

 

BACA JUGA: Benarkah Menggoreng dengan Air Fryer Lebih Sehat? Berikut Kelebihan dan Kekurangan Air Fryer

 

5. Waktu Memasak yang Lama

 

Jika Anda meninggalkan suatu makanan di dalam air fryer yang panas terlalu lama, maka makanan tersebut dapat dengan mudah akan gosong karena paparan suhu yang tinggi dan menyebabkan keluar asap.  Untuk mencegah hal ini tidak terjadi gunakan fitur otomatis yang ada di air fryer, jadi tak perlu khawatir makanan akan gosong jika Anda sedang melakukan pekerjaan lainnya.

 

6. Air fryer dipanaskan terlebih dahulu

 

Sebagian besar air fryer memerlukan pemanasan terlebih dahulu sebelum memulai memasak apapun. Namun jika air fryer terlalu panas selama siklus pemanasan awal hal ini yang menjadi penyebabnya air fryer mengeluarkan asap.

 

Demikian informasi mengenai penyebab air fryer mengeluarkan asap. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: