Nasabah Galbay Wajib Tahu, Kapan Debt Collector Pinjol Datang ke Rumah dan Hari Apa?

Nasabah Galbay Wajib Tahu, Kapan Debt Collector Pinjol Datang ke Rumah dan Hari Apa?

Ilustrasi. Kapan debt collector pinjol datang ke rumah Anda?--Freepik

RADAR TEGAL- Buat yang penasaran kapan debt collector pinjol datang ke rumah dan di hari apa? Bisa membaca sampai tuntas pembahasan artikel ini, agar mendapatkan informasi dan hilang penasarannya selama ini.

 

Didatangi DC pinjol saat ini menjadi kekhawatiran bagi nasabah galbay yang masih memiliki tagihan hutang pada aplikasi pinjol tersebut. Akan tetapi yang menjadi pertanyaan kapan debt collector pinjol datang ke rumah dan di hari apa?

 

Namun disisi lain pihak DC pinjol hanya bisa menagih hutang nasabah selama 90 hari saja, jika lewat dari 90 hari maka penyelenggara pinjol dilarang datang secara langsung. Tapi sebelum 90 hari kapan debt collector pinjol datang ke rumah dari di hari apa?

 

Kapan debt collector pinjol datang ke rumah dan di hari apa? Tentu saja mereka memiliki peraturan yang telah ditetapkan oleh petinggi OJK ( otoritas jasa keuangan) dan harus mengikuti aturan yang ada. Jika melanggar DC pinjol bisa dilaporkan ke pihak berwajib.

BACA JUGA:5 Penyebab Pengajuan Pinjol Ditolak Padahal Belum Pernah Pinjam dan Skor Kredit Bersih

Jadi kapan sih DC pinjol datang kerumah, jadwal- jadwalnya mereka seperti apa dan datang di hari apa? Ini jawaban selengkapnya di bawah ini.

 

Jika kita melihat peraturan dari petinggi OJK yang telah ditetapkan, debt collector pinjol lapangan boleh datang ke rumah nasabah di hari apa saja. Tetapi, mereka harus datang hanya di jam kerja saja.

 

Berarti debt collector pinjol bisa datang pada hari Senin sampai Jumat dan dilarang datang di hari libur. artinya pada anggal merah juga tidak diperbolehkan menagih hutang.

 

OJK juga telah menetapkan waktu kapan debt collector pinjol datang ke rumah nasabah untuk menagih hutang. Dalam SEOJK 19/2023 bahwa penagihan hanya bisa dilakukan pada pukul 08.00 sampai 20.00 wilayah waktu alamat penerima dana.

 

Selanjutnya, jika Anda telah mengetahui bahwa debt collector pinjol datang di jam yang menyalahi aturan Anda bisa tidak mempersilahkan mereka masuk. Akan tetapi jika debt collector pinjol tetap memaksa, Anda berhak untuk tidak menanggapinya.

 

BACA JUGA:Nasabah Meninggal Apakah Hutang Pinjolnya Harus Dilunasi oleh Keluarga? Begini Ketentuannya

Selain ada aturan batas waktu penagihan, pihak debt collector pinjol telah mendapatkan pelatihan. Serta etika penagihan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Etika penagihan yang dimaksud, debt collector pinjol dilarang menagih hutang nasabah secara kasar. Tidak boleh mengancam, intimidasi, merendahkan suku, agama, ras dan harga diri di dunia fisik maupun media sosial ( cyber bullying).

 

Sebagai informasi tambahan, jadi debt collector pinjol akan menghubungi Anda melalui telepon, pesan singkat jika nasabah telah telat membayar tagihan selama 1-7 hari. Namun jika nasabah belum membayar secara berbulan-bulan, debt collector akan datang ke rumah.

 

Bagaimana sudah gak penasaran kan pertanyaan kapan debt collector datang ke rumah dan di hari apa? Sekian penjelasan pembahasan tentang kapan debt collector pinjol datang ke rumah dan di hari apa? Semoga bermanfaat (*)

Sumber: