Wajib Tahu! Ini Hal yang Harus Diperhatikan saat Beli iPhone Second, Jangan Sampai Tertipu

Wajib Tahu! Ini Hal yang Harus Diperhatikan saat Beli iPhone Second, Jangan Sampai Tertipu

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat beli iPhone Second--

Baterai adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam iPhone. Pastikan untuk memeriksa kualitas baterai saat membeli iPhone second.

Kualitas baterai dapat dicek dengan meminta penjual untuk membuka pengaturan iPhone dan periksa bagian "Baterai" di menu Pengaturan.

Di sini, dapat terlihat kondisi baterai dan jumlah siklus pengisian yang telah dilakukan. Usahakan untuk mencari iPhone dengan kondisi baterai yang baik dan jumlah siklus pengisian yang relatif rendah.

4. Periksa Keaslian dan Unlocked

Pastikan bahwa iPhone second yang dibeli asli dan tidak terkunci (unlocked). Periksa nomor seri dan IMEI iPhone untuk memastikan keasliannya. Kamu bisa mengeceknya dengan membuka menu "Pengaturan" -> "Umum" -> "Tentang" dan periksa nomor seri dan IMEI di sana.

BACA JUGA: 5 Daftar iPhone dengan Baterai Paling Awet, Mana yang Paling Worth It di Tahun 2024?

Selain itu, pastikan bahwa iPhone tersebut tidak terkunci ke operator tertentu. Jika iPhone terkunci, maka kamu perlu membayar biaya tambahan untuk membuka kunci iPhone agar dapat menggunakannya dengan operator yang dipakai saat ini.

5. Harga yang Wajar

Sebelum membeli iPhone bekas, lakukan terlebih dahulu riset harga untuk memastikan bahwa kamu tidak membayar terlalu mahal. Bandingkan harga iPhone second dengan harga baru, dan periksa juga harga pasaran untuk model iPhone yang sama.

Perhatikan bahwa harga dapat bervariasi tergantung pada kondisi fisik, usia, dan spesifikasi iPhone. Jika harga terlalu murah maka perlu waspada karena mungkin ada sesuatu yang tidak beres.

6. Sistem Operasi dan Pembaruan

Pastikan bahwa iPhone yang akan dibeli mendukung versi sistem operasi yang terbaru atau setidaknya versi yang masih mendapatkan pembaruan keamanan dari Apple. Beberapa model iPhone yang lebih tua mungkin tidak lagi mendapatkan pembaruan sistem operasi terbaru, yang berarti kamu mungkin akan kehilangan akses ke beberapa fitur dan pembaruan keamanan yang penting.

BACA JUGA: Harga HP Nokia Android Murni Tanpa Iklan Terbaru 2024, Intip Spesifikasi dan Keunggulannya

7. Pembayaran yang Aman

Terakhir, pastikan melakukan pembayaran dengan cara yang aman. Jika memungkinkan, bertemu langsung dulu dengan penjual dan periksa iPhone secara langsung sebelum melakukan pembayaran.

Sumber: