Cara Mengatasi Ngantuk Saat Berkendara Dalam Sekejap Tanpa Harus Minum Kopi atau Kafein

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Berkendara Dalam Sekejap Tanpa Harus Minum Kopi atau Kafein

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Berkendara Tanpa Harus Minum Kopi atau Kafein--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

Perjalanan yang monoton juga bisa menyebabkan mata merasa lelah dan bosan, karena perjalanan yang dilalui terasa panjang dan begitu-begitu saja. Jika mengalami hal ini, isitirahat sejenak bisa membantu menghilangkan rasa bosan.

Cara mengatasi ngantuk saat berkendara tanpa minum kopi

Setelah mengetahui hal apa saja yang menyebabkan ngantuk ketika berkendara, berikut adalah 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan atau mengatasi rasa kantuk saat berkendara. 

1. Beristirahat Sejenak

Cara terbaik untuk mengatasi rasa kantuksaat berkendara adalah dengan beristirahat sejenak. Jika Anda merasa ngantuk saat berkendara, segera menepi dan beristirahatlah selama 15-20 menit. Gunakan waktu ini untuk tidur, makan camilan, atau melakukan peregangan.

2. Minum Air Putih yang Cukup

Cara selanjutnya untuk mengatasi rasa kantuk pada saat berkendara adalah dengan meminum air putih yang cukup. Adapun dehidrasi dapat menyebabkan mata menjadi lelah sehingga merasa ngantuk. Maka dari itu, disarankan Anda meminum air putih yang cukup terutama ketika berkendara di cuaca yang panas.

BACA JUGA: Spesifikasi Honda Astrea Reborn 125 Iritnya Bukan Maen, Siap Ngamuk di Harga 15 Jutaan

3. Mendengarkan Musik Energik

Mendengarkan musik yang energik juga dapat menghilangkan rasa ngantuk saat berkendara. Hal ini karena musik bertempo cepat dan energik dapat merangsang otak mengurangi rasa kantuk. Sarannya mendenarkan musik bergenre metal atau Rock

4. Melakukan Peregangan

Berhenti sejenak di rest area dan melakukan peregangan juga merupakan langkah yang tepat untuk menghilangkan rasa kantuk. Terlebih peregangan sederhana seperti tangan, kepala, dan kaki dapat merilekskan otot sehingga Anda lebih nyaman saat berkendara.

5. Menyanyi Secara Perlahan

Jangan merasa malu untuk bernyanyi ketika Anda mendeengarkan musik saat berkendara. Malahan dengan bernyanyi Anda dapat mengurangi rasa ngantuk saat berkendara, terlebih jika musik yang didengarkan adalah musik yang bertempo cepat.

Namun, jangan sampai Anda mengabaikan peraturan lalu lintas ketika mendengarkan musik. Selalu fokus dan patuhi peraturan lalu lintas yang Ada.

Sumber: