Cara Mengatasi Ngantuk Saat Berkendara Dalam Sekejap Tanpa Harus Minum Kopi atau Kafein

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Berkendara Dalam Sekejap Tanpa Harus Minum Kopi atau Kafein

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Berkendara Tanpa Harus Minum Kopi atau Kafein--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Pernakah Anda merasakan ngantuk saat berkendara terlebih saat mengendarai sepeda motor? Jika iya, maka artikel ini akan sangat bermanfaat untuk Anda baca sampai habis. Pasalnya, artikel ini akan menjelaskan berbagai cara untuk mengatasi kantuk ketika berkendara.

Ngantuk saat berkendara, merupakan hal yang sangat umum terjadi oleh semua orang. Adapun, merasa ngantuk atau lelah pada saat berkendara dapat di sebabkan oleh beberapa hal, seperti kurang istirahat, atau tidak fokus.

Ngantuk saat berkendara juga sangat berbahaya karena bisa meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan. Bahkan, kebanyakan kasus kecelakaan kendaraan, disebabkan oleh pengemudi yang merasa ngantuk dan terus melanjutkan perjalanan.

Padahal hal ini bisa di atasi dengan beristirahat sejenak atau dengan meminum kopi. Namun, bagi Anda yang tidak suka dengan kopi namun, sering mengalami ngantuk saat berkendara, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

BACA JUGA: 8 Alasan Kenapa Banyak Orang yang Ogah Beli Honda ADV 160 2024, Miris Ternyata Ini Penyebabnya

Penyebab merasa kantuk ketika berkendara

Sebelumnya, ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan pengendara merasa ngantuk ketika berkendara, antara lain seperti:
1. Kurang Tidur

Ini adalah penyebab paling umum dari kantuk saat berkendara. Jika Anda tidak tidur yang cukup, Anda akan lebih rentan terhadap kantuk, terutama saat mengemudi di malam hari.

2. Lelah

Lelah juga bisa menyebabkan kantuk saat berkendara. Jika Anda merasa lelah, jangan memaksakan diri untuk berkendara. Berhentilah untuk beristirahat dan memulihkan energi Anda.

3. Gangguan Tidur

Gangguan tidur, seperti insomnia atau sleep apnea, juga bisa menyebabkan kantuk saat berkendara. Jika Anda mengalami gangguan tidur, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

BACA JUGA: Gak Cuma Menang di Varian Hitam-nya, Keunggulan Honda PCX 160 Ini Bikin Penggunanya gak Pengen Ganti Motor

4. Perjalanan yang Monoton

Sumber: