Cara Membersihkan AC Portable Anti Ribet, Lakukan Secara Rutin untuk Udara Lebih Bersih

Cara Membersihkan AC Portable Anti Ribet, Lakukan Secara Rutin untuk Udara Lebih Bersih

MUDAH - Cara Membersihkan AC Portable yang praktis--

RADAR TEGAL - Jangan anggap remeh ternyata AC di rumah sangat memerlukan perawatan khusus, supaya tetap awet dan berfungsi dengan baik. Karenanya, cara membersihkan AC Portable berikut bisa jadi bermanfaat.

Karena itu artikel ini akan membahas tentang cara membersihkan AC portable di rumah secara mudah. Dengan mengetahui itu, pengguna bisa memiliki produk tersebut dengan jangka usia yang panjang.

Selain itu, jika dilakukan cara membersihkan AC portable, secara rutin tentunya akan terhindar dari rawan kerusakan. Dengan demikian akan berdampak positif dengan pengeluaran biaya yang lebih hemat.

Manfaat lainnya yang sangat penting dari mengetahui cara membersihkan AC portable, dapat juga membantu ruangan menjadi lebih bersih. Karena pendingin udara yang kotor juga dapat membuat ruangan mempunyai udara kotor, dan berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh.

BACA JUGA: 9 Rekomendasi AC Mini Portable Terbaik dan Hemat Listrik, Ada yang Harganya Cuma Rp70 Ribuan

Apalagi akhir-akhir ini cuaca panas terus melanda. Pastinya AC portable sering digunakan yang bisa menyebabkan cepat berdebu. Lalu, bagaimana cara membersihkan yang mudah? Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya.

5 cara membersihkan AC portable, sebagai berikut:

1. Buka AC Portable

Caranya yaitu pertama pastikan aliran listrik sudah dicabut dan selang pembuangan air dilepas. Setelah itu buka dan bongkar AC portable dengan hati-hati, hingga terlihat kondensornya. Ketika membukanya Anda memerlukan obeng.

Selanjutnya jangan lupa, bahwa saat membongkar AC portable baut-baut yang telah dilepaskan kumpulkan jadi satu. Tujuannya agar saat memasang kembali tidak ada baut yang hilang satupun.

2. Kurangi tangki airnya

Cara membersihkan AC portable yang mempunyai tangki air, yaitu bilas dengan air kemudian keringkan terlebih dahulu bagian dalam maupun luar tangki. tangki air yang di dalamnya harus dibersihkan menggunakan hidrogen peroksida.

Di mana itu berfungsi untuk mencegah tumbuhnya jamur maupun bakteri. Sebab itu perlunya pembersihan secara rutin.

BACA JUGA: Tips Memilih AC Rumah yang Sesuai dengan Kebutuhan dan Cocok untuk Ruangan

3. Bersihkan bagian evaporator

Evaporator pada AC portable juga perlu Anda bersihkan dengan cara gunakan sikat yang lebih kecil untuk menyedot debu. Selanjutnya bersihkan dengan air, biarkan tunggu hingga mengering.

4. Bersihkan filter

Menjaga filter ini agar bebas dari debu dan kotoran ini sangat penting dilakukan agar memastikan AC portable Anda tetap bekerja secara efektif. Oleh karena itu sebaiknya periksa 2X dalam sebulan.

Jika terdapat banyaknya debu segera lepas filter dan bersihkan menggunakan penyedot debu. Kemudian rendam di air agar debu benar-benar hilang, biarkan hingga kering, lalu masukkan kembali ke dalam AC portable Anda.

5. Bersihkan debu pada kumparan kondensor

Cara membersihkan AC portable yang sering terlewatkan yakni harus bersihkan debu pada kumparan kondensor. Cara membersihkannya cukup mudah dengan menggunakan sikat halus tapi harus ekstra hati-hati supaya bagian lainnya tidak rusak.

BACA JUGA: Keunggulan 5 AC Samsung 1/2 PK Terbaik dengan Harga Terjangkau Mulai dari Rp3 Jutaan

Kesimpulan

Demikian 5 cara membersihkan AC portable mudah. Dengan adanya tulisan ini, semoga dapat membantu menciptakan kebiasaan untuk membersihkan AC Portable. Semoga bermanfaat.(*)

Sumber: