7 Cara Membersihkan AC Portable dengan Mudah Agar Lebih Nyaman Digunakan dan Dingin Maksimal

7 Cara Membersihkan AC Portable dengan Mudah Agar Lebih Nyaman Digunakan dan Dingin Maksimal

Cara Membersihkan AC Portable dengan Mudah--

1. Melepaskan dan Bersihkan Filter Udara

Cara yang pertama yaitu dengan melepaskan dan bersihkan filter udara. Beberapa AC portable memiliki filter udara yang dapat dilepas sehingga lebih mudah dibersihkan.

Kamu perlu untuk mengeluarkan filter dan mencucinya dengan air hangat serta sabun. Beberapa AC portable juga memiliki filter sekunder yang harus dibersihkan agar udara yang dikeluarkan lebih dingin.

BACA JUGA: Rekomendasi AC 1 PK Low Watt yang Bagus dengan Fitur Menarik, Bisa Dinginkan Ruangan Dalam 2 Menit

2. Membuka AC Portable

Selanjutnya yaitu dengan membuka AC portable hingga kumparan kondensornya terlihat. Gunakan obeng untuk membuka pendingin ruangan ini agar lebih mudah.

Pastikan saluran listrik sudah terlepas dan selang pembuangan juga sudah dilepaskan sebelum membongkarnya. Kamu juga perlu untuk memperhatikan letak sekrup agar tidak kebingungan ketika akan memasangnya lagi.

3. Membersihkan Debu Pada Kumparan Kondensor

Cara membersihkan AC portable selanjutnya yaitu dengan membersihkan debu pada kumparan kondensor. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan penyedot debu dan sikat agar kotorannya hilang semua.

Agar tidak menghirup debu, kamu perlu untuk menggunakan masker ketika membersihkannya. Selain itu, kamu perlu untuk berhati-hati agar tidak merusak bagian lainnya.

BACA JUGA: 4 Merk AC Portable Terbaik dengan Harga Murah dan Low Watt, Bikin Rumah Jadi Lebih Dingin

4. Membersihkan Debu Pada Kumparan Evaporator

Cara selanjutnya yaitu membersihkan debu pada kumparan evaporator dengan menggunakan sikat kecil. Selanjutnya kamu juga perlu menggunakan kain lembut yang telah dibasahi dengan hidrogen peroksida 3 persen.

Setelah itu kamu bisa menunggunya hingga bagian evaporator kering. Ketika membersihkannya, kamu juga perlu untuk berhati-hati.

5. Membersihkan Tangki Air

Sumber: