6 Perbedaan TV LED dan TV LCD, yang Belum Banyak Diketahui

6 Perbedaan TV LED dan TV LCD, yang Belum Banyak Diketahui

--

3. Daya Tahan

Soal Daya Tahan, Layar LED memiliki daya tahan yang lebih lama dibanding layar LCD. Layar LCD hanya mampu menghasilkan daya tahan sekitar 75.000 jam sedangkan TV LED untuk daya tahannya mampu mencapai 100.000 jam. Jaraknya sekitar 25.000 jam, tentu cukup jauh.

Sehingga untuk daya tahan layar LED lebih unggul. Sedangkan jika dilihat dari segi ketahanan. Apabila dari kedua TV tersebut mengalami kerusakan maka TV LED akan lebih sulit diperbaiki dibanding TV LCD. Karena untuk spare part agak susah dicari karena stock masih terbatas sedangkan biaya perbaikan dari TV LED juga tidak murah.

BACA JUGA: Mengapa Harus Memilih Android TV di Tahun 2024? Tetap Up-to-Date dengan Fitur-fitur Terbaru

4. Tipe Cahaya / Back Light yang digunakan

TV LED menggunakan back ligt dibelakang layar dengan bentuk lampu yang sangat kecil, materialnya bernama LED yakni Light Emitting Diode. Sementara TV LCD menggunakan CCFL yakni Cold Catodhe Fluorescent Lighting atau bisa juga disebut lampu Fluorescent yang biasanya juga terdapat pada komputer. Teknologi CCFL pada TV LCD ini yang menjadi alat untuk menyeleksi jutaan warna yang terpancar dari backlight.

5. Pemakaian Listrik

TV LED untuk konsumsi listrik hanya sekitar 75 watt saja, sehingga TV LED mampu menggunakan sumber daya yang lebih rendah pula. Perbedaannya kurang lebih sekitar 30% dibanding TV LCD.

6. Harga 

TV LED memiliki harga sedikit lebih mahal dibanding TV LCD. Namun jika Anda ingin menikmati tontonan TV dengan kualitas gambar yang lebih oke dan lainnya, maka TV LED bisa menjadi pilihannya.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Air Fryer Murah dan Berkualitas, Bikin Masak Jadi Lebih Cepat dan Rendah Kalori

Kesimpulan 

Demikian perbedaan antara TV LED dan TV LCD. Dimana TV LED lebih unggul dari segi kualitas gambar, daya tahan layar, ketebalan layar, konsumsi listrik dibandingkan dengan TV LCD. 

Jadi sebelum membeli dan memilih salah satunya, kenali dulu perbedaan TV LED dan TV LCD. Pilih sesuai kebutuhan. (*)

Sumber: