Sudah Tahu Belum? Ini 5 Resiko untuk Kesehatan Memasak Menggunakan Air Fryer

Sudah Tahu Belum? Ini 5 Resiko untuk Kesehatan Memasak Menggunakan Air Fryer

Ilustrasi. Resiko kesehatan memasak menggunakan air fryer--Freepik

RADAR TEGAL- Air Fryer menjadi alternatif memasak yang lebih praktis, selain itu banyak berbagai sumber mengklaim masakan menggunakan air fryer lebih sehat, mengurangi sedikit lemak. Namun, tahukah resiko pada kesehatan memasak menggunakan air fryer?

 

Melihat dari segi itu menganggap makanan tersebut lebih menyehatkan. Akan tetapi disisi lain tentu saja terdapat resiko kesehatan memasak menggunakan air fryer.

 

Resiko kesehatan memasak menggunakan air fryer yang paling basic diketahui masyarakat umum yakni masalah kesehatan, karena kekhawatirannya atas toksisitas dan terjadi penyakit kanker.

 

Berikut ini 5 efek samping memasak menggunakan air fryer :

BACA JUGA:5 Cara Merawat Air Fryer Agar Tidak Cepat Rusak, Nomor 2 Masih Sering Diabaikan Banyak Orang

1. Pembentukan senyawa akrilamida

 

S.alah satu yang jarang diketahui terkait air fryer yakni terjadinya pembentukan senyawa akrilamida. Munculnya senyawa akrilamida karena saat makanan tertentu dimasak menggunakan air fryer dengan suhu tinggi.

 

2. Hilangnya nilai gizi

Meskipun air fryer mengklaim dapat menjaga makanan tetap sehat karena tanpa menggunakan minyak, tapi menurut beberapa penelitian mengatakan bahwa alat tersebut mungkin membuat beberapa makanan menjadi kurang bergizi. Udara yang terlalu panas dan waktu memasak yang lama dapat merusak zat- zat baik seperti vitamin dan antioksidan.

 

3. Dampak terhadap kesehatan jantung

 

Air fryer sering dianggap sebagai cara memasak yang lebih sehat karena tanpa menggunakan minyak. Akan tetapi disisi lain jika memasak menggunakan suhu panas yang terlalu tinggi dapat menimbulkan minyak pada makanan, sehingga menciptakan sesuatu buang disebut radikal bebas.

 

Radikal bebas ini bisa berbahaya, jika Anda terlalu mengkonsumsi banyak gorengan hal ini dapat menyebabkan kembung dan masalah pada kesehatan jantung.

BACA JUGA:6 Cara Membersihkan Air Fryer Supaya Awet, Dijamin Noda Minyak Hempas Seketika

4. Bisa mengkonsumsi secara berlebihan

 

Selanjutnya resiko pada kesehatan memasak menggunakan air fryer yakni bisa meningkatkan kelebihan berat badan. Hal itu karena air fryer mudah digunakan dan lebih praktis, jadi Anda bisa memasak berbagai cemilan enak.

 

Jadi masalahnya makan terlalu banyak cemilan ini bisa menimbulkan masalah karena terlalu banyak kalori yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan seperti kelebihan berat badan atau masalah metabolisme.

 

5. Memproduksi senyawa berbahaya

 

Memasak menggunakan air fryer dapat menimbulkan reaksi Maillard. Reaksi Maillard ini terjadi pada gula dan asam amino yang dipicu oleh panas pada proses pemasakan.

 

Hal itu yang menyebabkan memasak menggunakan air fryer menghasilkan makanan yang berwarna kecoklatan dan renyah. Tapi sayangnya pada reaksi Maillard dapat memicu produksi senyawa akrilamida dan polycyclic aromatic hydrocarbon.

 

Kedua senyawa karsinogen yang bisa memicu terjadinya kanker. Namun pada kandungan polycyclic aromatic hydrocarbon lebih rendah pada penggunaan air fryer dibandingkan menggoreng menggunakan minyak goreng.

BACA JUGA:Tips Memilih Air Fryer Watt Rendah Supaya Mendapatkan Kualitas Terbaik, Tidak Perlu Bingung Lagi

Terima kasih telah membaca artikel mengenai 5 resiko pada kesehatan memasak menggunakan air fryer. Semoga bermanfaat bagi Anda.(*)

Sumber: